Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Awiria, Awiria (2021) PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKn. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
TESIS PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode bermain untuk meningkatkan sikap demokratis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulogebang 08 Pagi Jakarta Timur, dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Mc. Taggart yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui lembar angket yang telah dihitung reabilitas dan validitasnya serta lembar observasi pelaksanaan metode bermain peran dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, catatan lapangan dan hasil dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap demokratis siswa melalui metode bermain peran. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket awal 70,28%, kemudian pada siklus I yaitu 73,73%, peningkatan pada siklus II mencapai 78,86%, dan aktivitas guru pada siklus I 77,77% dan siswa pada siklus I 55,5% tetapi pada siklus II sudah sesuai dengan langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan sikap demokratis siswa seperti kesedian untuk di kritik, menghargai orang lain, tanggung jawab, dan mengutamakan musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Umum > Penelitian
Divisions: Peer Review
Depositing User: Awiria Awiria
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:40
Last Modified: 14 Feb 2022 03:40
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year