Penilaian Jurnal : Jaringan Sensor Nirkabel: Studi dan Evaluasi Kinerja LoRa Transmitter dan Long Range Radio Frekuensi (RF) Pada Luar Ruang

Muhendra, Rifki Penilaian Jurnal : Jaringan Sensor Nirkabel: Studi dan Evaluasi Kinerja LoRa Transmitter dan Long Range Radio Frekuensi (RF) Pada Luar Ruang. Penilaian Jurnal : Jaringan Sensor Nirkabel: Studi dan Evaluasi Kinerja LoRa Transmitter dan Long Range Radio Frekuensi (RF) Pada Luar Ruang. (Unpublished)

[img] Text
Penilaian Jurnal Murwan-digabungkan.pdf

Download (401kB)

Abstract

Transmitter merupakan tulang punggung komunikasi pada Jaringan Sensor Nirkabel. Sebagian besar transmitter menggunakan frekuensi ism band sehingga jangkauan komunikasinya terbatas sejauh 100 m. Beberapa jenis transmitter yang memiliki kemampuan komunikasi jarak jauh adalah nRF24 1 km dan LoRa. Paper ini melaporkan studi komperasi antara nRF24 1 km dan LoRa dalam komunikasi data, konsumsi daya dan ketahanan terhadap halangan. Hasil studi menunjukkan bahwa LoRa memiliki kemampuan jangkauan 1,6 km dan nRF24 memiliki kemampuan pengiriman sejauh 1 km. NRF24 1 km lebih cocok digunakan untuk komunikasi jarak jauh yang membutuhkan kecepatan yang tinggi dan juga tahan terhadap halangan non- line of sight.

Item Type: Article
Subjects: Umum > Jurnal
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
KODE PRODI: 26201
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Muhendra, Rifki0306108704
Depositing User: Rifki Muhendra
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:47
Last Modified: 04 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item