POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK

Yomima, Viena (2021) POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK. POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK, 5 (12). pp. 904-914. ISSN 2550-0481

[img] Text
POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK.pdf - Other

Download (371kB)

Abstract

Dalam proses belajar sangat penting untuk memberikan stimulus positif yang dapat membantu anak dalam proses belajar mengajar. Perlu adanya dorongan untuk mencapai target yang diinginkan, siswa juga perlu mengetahui tahapan inti pencapaian tujuan tersebut dengan membuat strategi dalam pembelajaran yang dibuat oleh siswa itu sendiri. . Pengasuhan yang demokratis oleh orang tua akan menumbuhkan rasa percaya diri anak, anak akan dapat menikmati bagaimana ia belajar dan menyukai pelajaran itu sendiri, hal ini akan mempengaruhi selfregulated learning yang dimiliki siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik penelitian purposive sampling yang digunakan untuk membuat kriteria untuk menentukan kesesuaian responden. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 55 anak dewasa awal di Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, ditemukan bahwa orang tua yang memiliki pola asuh demokratis terhadap anak dapat membantu anak dalam menemukan dan membentuk Self Regulated Learning mereka. Peran orang tua dengan memberikan aturan kepada anaknya untuk dapat mematuhi aturan tersebut disertai dengan penjelasan kepada anak .

Item Type: Article
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
KODE PRODI: 395
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yomima, Viena03180782
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDYomima, Viena0317078502
Depositing User: Yomima Viena Y
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:29
Last Modified: 07 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item