Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Yomima, Viena (2016) PENGARUH SELF EFFICACY DAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR PADA SISWA KELAS VII SMPN 139 JAKARTA. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
Tesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Apakah ada pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar melalui self-regulated learning, Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar melalui self-regulated learning,dan Apakah ada pengaruh self-efficacy, pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar melalui self-regulated learning pada siswa kelas VII SMPN 139 Jakarta. Variabel terkait dalam penelitian ini adalah Prestasi belajar, sedangkan variabel bebas adalah Self efficacy, Pola asuh Orangtua demokratis, Self regukated leraning. Sampel dari penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII SMPN 139 Jakarta. Jumlah siswa keseluruhan adalah 250 siswa. Peneliti mengadakan try-out untuk menguji validitas dan reliabilitas dari alat ukur self-efiicacy, Pola asuh orangtua demokratis, self-regulated learning dengan tehnik Alpha Cronbach. Dari hasil tersebut maka diperoleh skala self-efficacy rit diperoleh sebesar 0,403-0,840. Skala pola asuh orangtua demokratis diperoleh rit sebesar 0,340-0,645. Sedangkan untuk Self-regulated learning rit sebesar 0,359-0,643. Maka dari hasil penelitian ini diperoleh pola asuh orangtua demokrasi dengan Self-regulated learning diperoleh nilai r = 0,329 dengan t = 5,925 p: 0,000. Self- Efficacy dengan self- regulated learning dengan menggunakan path analysis, diperoleh r = 0,410 dengan t = 7,093 p : 0,000. Dah hasil hipotesis terakhir antar self- regulated learning terhadap prestasi belajar dari hasil analisi menggunakan path analysis, diperoleh r = 0,769 dengan t = 25,406 p ; 0,00. Oleh karena p< 0,005 maka Ho tidak ada pengaruh self-regulated learning terhadap prestasi belajar. Sedangkan Ha : ada pengaruh yang positif self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa VII SMPN 139 Jakarta. Kata Kunci : Self efficacy, Pola asuh Orangtua demokratis, Self regulated learning, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Yomima Viena Y
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:55
Last Modified: 19 Jan 2022 08:55
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year