Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Wijayanti, Murti (2000) Analisa Pengaruh EVA terhadap MVA pada Industri Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Masters thesis, Universitas Gadjah Mada.

[img] Text
Thesis_MMUGM.pdf

Download (7MB)

Abstract

Economic Value Added (EVA) sebagai indikator yang mengukur kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan biaya atas modal yang telah diinvestasikan pertama kali dipopulerkan oleh Joel M. Stem dan G. Bennett Stewart III sebagai konsultan keuangan di New York, AS. EV A telah banyak diterapkan pada beberapa perusahaan di negara asalnya dan dalam prakteknya berhubungan dengan nilai yang dicapai suatu perusahaan. Besar kecilnya nilai yang diciptakan perusahaan berdampak pada respon masyarakat yang dicerrninkan melalui naik turunnya harga saham perusahaan di bursa efek. Dengan dernikian harga saham di bursa efek inilah yang mencerrninkan nilai pasar perusahaan, dimana peningkatan atau penurunan harga saham tersebut menunjukkan adanya Market Value Added (MVA) perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menguji adanya pengaruh yang signiikan antara EV A terhadap MVA. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keuangan perusahaan periode 1992-1996 yaitu neraca dan laporan rugi laba yang berupa hutang, modal, biaya bunga, laba operasional sebelum dan sesudah pajak, tingkat pajak yang berlaku, dan rata-rata resiko premium di Indonesia dari 32 sampel perusahaan bidang industri manufaktur yang dijadikan obyek penelitian. Sampel perusahaan tersebut dipilih menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan metode pooling data, hasil perhitungan EV A dan MVA yang diperoleh dianalisa menggunakan regresi sederhana. Untuk membuktikan pengujian hipotesis dilakukan empat macam variasi model regresi sederhana menggunakan lag waktu. Hasil analisa yang diperoleh membuktikan bahwa dari keempat model regresi sederhana ditemukan hanya satu model yang memenuhi pengujian hipotesis. Model yang sesuai adalah model pertama, dimana MV A perusahaan pada periode ke-t dipengaruhi oleh EV A perusahaan yang tercipta pada periode t-1. Pembuktian tersebut didukung oleh hasil analisa regresi yang menunjukkan sebesar 29 .1 % MV A periode ke-t dipengaruhi EV A periode t-1, kemudian hasil analisa uji t a. = 1 % sebesar 7.184 dengan nilai p-value 0.000 menunjukkan bahwa model persamaan tersebut telah membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara EV A terhadap MVA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Murti Wijayanti
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:00
Last Modified: 09 Aug 2022 07:00
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year