Perancangan Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Nusantara Berbasis Android (Studi Kasus SMP negeri 3 Babelan)

Muhammad, Ridwan (2018) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Nusantara Berbasis Android (Studi Kasus SMP negeri 3 Babelan). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201410225208_Muhammad Ridwan_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201410225208_Muhammad Ridwan_BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201410225208_Muhammad Ridwan_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
201410225208_Muhammad Ridwan_BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201410225208_Muhammad Ridwan_Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Lampiran)
201410225208_Muhammad Ridwan_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)

Abstract

Seni Budaya merupakan matapelajaran pokok yang ada di setiap sekolah dari jenjang SD hingga SMA/K termasuk di SMP Negeri 3 Babelan. Namun hingga saat ini matapelajaran Seni Budaya sudah semakin berkurang peminatnya di kalangan para pelajar Indonesia. Kurangnya pembelajaran yang inovatif, serta kurangnya variasi mengajar, termasuk minimnya media bantu yang digunakan oleh pelajar, menjadi penyebab tidak optimalnya proses pembelajaran. Oleh karena itu dibangunlah aplikasi pembelajaran berbasis android yang lebih interaktif dan inovatif untuk siswa sebagai pendamping pembelajaran, agar dapat lebih mudah dalam proses penerimaan materi yang disampaikan oleh guru ke anak didik. Dalam proses pembuatan aplikasi ini software yang digunakan adalah Android Studio yang menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML, serta untuk design tampilan aplikasi menggunakan software Adobe Photoshop CC 2015. Dan untuk metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Model Rapid Application Development (RAD). Untuk pengujian aplikasi yang dilakukan menggunakan Blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah menjadikan proses belajar-mengajar peserta didik lebih interaktif dan inovatif. Kata Kunci : Seni Budaya, Nusantara, Android Studio, Photoshop CC, Rapid Application Development (RAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Abrar Hiswara, M.T., M.M., M.Kom, Pembimbing II: Andry Fadjriya, S.T., M.Kom
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:16
Last Modified: 12 Mar 2019 07:16
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item