Analisis Kajian Hadits Tentang Metodologi Pembelajaran Rasulullah SAW

Fahmi Sahlan, S.Pd.I., M.IRKH., Fahmi Sahlan, S.Pd.I., M.IRKH. (2020) Analisis Kajian Hadits Tentang Metodologi Pembelajaran Rasulullah SAW. Jurnal Al Marhalah.

[img] Text
Peer Review Analisis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hadis sebagai suatu second hukum dari al-Quran. Di dalamnya terdapat aspek kehidupan Rasul yang menjadikan rujukan untuk pengikutnya, termasuk dari segi pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran Rasul berbeda-beda dari segi metodologi sesuai konteks sosial yang terjadi. Beragam metodologi yang diberikan oleh Rasul, dari metode ceramah sampai peragaan. Dimana metode ini dalam artikel ini dijelaskan dari segi sosoi-historis secara gamblang. Banyak yang diterapkan dalam praktek pendidikan di masa kini yang bersumber dari metodologi pembelajaran Rasul. Dalam proses belajar mengajar, Rasulullah Saw, senantiasa memilih metode-metode yang dinilai efektif dan efisien, mudah dipahami dan dicerna akal, serta mudah diingat sesuai dengan porsi dan kapasitas intelektual peserta didik. Fenomena tersebut dapat kita buktikan ketika mengeksplorasikan beberapa hadits, mulai dari mempelajari teks-teksnya sampai membacanya dengan cermat, tentu akan banyak ditemukan model perkataan (pengajaran) beliau yang sangat variatif.

Item Type: Other
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Agama
Divisions: Peer Review
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Fahmi Sahlan, S.Pd.I., M.IRKH., Fahmi Sahlan, S.Pd.I., M.IRKH.0307079303
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ReviewerDr. Eva Dwi Kumala Sari, M.Pd., Dr. Eva Dwi Kumala Sari, M.Pd.2120098304
Depositing User: Fahmi Sahlan
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:37
Last Modified: 01 Aug 2022 04:37
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item