Analisis Penerapan Milkrun System Menggunakan Metode Saving Matriks Studi Kasus Di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Purwo wahyu, Bhaskoro (2017) Analisis Penerapan Milkrun System Menggunakan Metode Saving Matriks Studi Kasus Di PT. Showa Indonesia Manufacturing. Jurnal Riset dan Teknologi, 4 (4). pp. 40-51. ISSN 2087-8540 (Unpublished)

[img] Text
peer review purwo.pdf

Download (574kB)

Abstract

PT. SHOWA INDONESIA Mfg. merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi komponen otomotif. Produk yang dihasilkan adalah Shock Absorber. Kegiatan proses produksi dari tahun ke tahun semakin meningkat namun sangat di sayangkan supply raw material tidak dapt di penuhi oleh sebaigan besar pemasok sehingga menyebabkan tingkat persediaan yang tidak stabil, terkadang berlebih dan juga kekurangan. Salah satu pemborosan yang terjadi di dalam perusahaan ini adalah rendahnya Service Level Suppliers (OTDS). Dengan rata-rata 80% - 95% dan masih banyak Suppliers memiliki OTDS di bawah 80% performance tersebut sangat jauh di bahwa target yang di canangkan perusahaan sebesar 98%. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan performance delivery suppliers menggunakan Milkrun System terhadap proses delivery pemasok ke PT. SHOWA. Setelah melakukan analisa ditemukan factor yang paling dominan adalah dari faktor metode pengiriman seperti armada truk, On Time Delivery, Loading, jarak Tempuh, maka dilakukan perbaikan signifikan pada faktor dengan menggunakan metode Milkrun System meliputi beeberapa factor, yaitu; frekuensi delivery,loading time, jarak distribusi. Setelah dilakukan perbaikan milkrun system ini dapat di implementasikan terhadap 58% dari keseluruhan supplirs PT. SHOWA. Setelah dimplementasikan dan evaluasi metode milkrun system terdapat beberapa performance yang meningkat meliputi penurunan jumlah ritase dari 8 kali menjadi 1 kali per hari, peningkatan OTDS dari 60% menjadi 97%, penurunan loading time dari 858 menit per hari menjadi 495 menit per hari dan berkurangnya waktu tempuh dari 64,7Km ke 24,4 Km. beberapa performance indicator tersebut meningkat cukup signifikan dan berdampak terhadap cost saving yang di dapatkan perusahaan dari Rp.37.754.400 per hari menjadi 22.996.000 per hari. Kata Kunci – OTDS, Milkrun System, Loading Time, Delivery Frequency, Cost Saving, Saving Matrix

Item Type: Article
Additional Information / Pembimbing: NIDN : 0309098501 Unit Kerja: Prodi Teknik Industri - Universitas Bhayangkara Bidang Ilmu : Teknik Industri Nama : Yuri Delano Jabatan Akademik KUM : Lektor (300)
Subjects: Umum > BKD
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri
Divisions: Peer Review
KODE PRODI: Fakultas Teknik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Purwo wahyu, BhaskoroNIDN0303098702
Depositing User: Purwo Wahyu Bhaskoro
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:59
Last Modified: 03 Aug 2022 04:59
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/14765

Actions (login required)

View Item View Item