Penangkapan Wakil Ketua KPK Dalam Bingkai Media (Analisis Framing Berita Penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Oleh Kepolisian di cnnindonesia.com dan kompas.com Edisi 23 Januari 2015)

Fhirlian, Rizqi Utama (2015) Penangkapan Wakil Ketua KPK Dalam Bingkai Media (Analisis Framing Berita Penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Oleh Kepolisian di cnnindonesia.com dan kompas.com Edisi 23 Januari 2015). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II, III, IV)
Bab II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Riwayat Hidup)
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Proses pembentukan atau penulisan berita bukanlah menjadi suatu yang netral. Bagi kaum konstruktivis, sebuah peristiwa atau realitas dianggap merupakan bentukan dari wartawan. Dalam proses pembentukan atau konstruksi berita tersebut media dipengaruhi oleh ideologi media bersangkutan, karena ideologi menentukan bagaimana suatu media menempatkan nilai-nilai yang dipahami untuk menjelaskan berbagai realitas yang terjadi. Hal tersebut tercermin dari pembingkaian beritanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran framing yang dilakukan oleh dua media online cnnindonesia.com dan kompas.com dalam memberitakan peristiwa penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Kepolisian edisi 23 Januari 2015 dan untuk mengetahui apakah media dapat menjaga netralitas dan objektivitas dalam pemberitaan, dalam hal ini peristiwa penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode analisis framing model Pan dan Kosicki. Hasil analisis menunjukan bahwa framing yang dilakukan oleh kedua media yaitu cnnindonesia.com dan kompas.com menunjukan tidak dapat menempatkan diri di posisi yang netral dengan berpihak terhadap intitusi KPK. Namun demikian, tergambar masih adanya upaya untuk mendekati ke arah pemberitaan yang objektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Dwinarko, MM, MH
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Penyiaran
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Staff Perpustakaan
Date Deposited: 16 May 2016 01:26
Last Modified: 15 Mar 2017 02:06
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item