Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Syauket, Amalia (2021) Hasil Peer Review Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 4 dengan Judul "Agama Dalam Pelukan Koruptor". Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Peer Review KRTHA BHAYANGKARA 2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PEER REVIEW JURNAL KRTHA BHAYANGKARA SINTA 4 AGAMA DALAM PELUKAN KORUPTOR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada tataran normatif, semua agama tentu mengajarkan pemeluknya agar tidak menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi. Agama juga menitahkan agar kita tak mengambil hak orang lain. Namun, realitas menunjukkan negara dengan mayoritas umat beragama tidak ada yang lepas dari praktik korupsi. Bahkan, kasus-kasus korupsi akut banyak ditemukan di negara yang memiliki identitas agama kuat, apa pun agama itu. Dorongan beragama, beserta pemahaman tentang Tuhan di dalamnya, sudah tertanan di dalam struktur pikiran maupun syaraf manusia. Namun ketika dorongan tersebut tidak menjadi kenyataan, tanpa dukungan keadaan yang sesuai misalnya pengaruh kekuasaan politik maupun ekonomi. Penelitian kualitatif ini menggunakan sikap rasionalitas dan kritis, tidak berpijak pada iman atau agama apa pun, dengan mengutamakan data sekunder, untuk menjawab pertanyaan penelitian bagaimana agama dalam pelukan para koruptor? Apakah Agama berada dalam pelukan erat para koruptor? Karena Secara logis dan ideal, seseorang yang taat beragama dan menjalankan agama dengan baik akan terhindar dari korupsi. Dari berbagai literature dalam penelitian ini tampak bahwa agama dalam pelukan koruptor hanya sebagai formalitas saja pada tataran dimensi ritual belum mampu berefek pada tingkat perilakunya pada dimensi tataran moralitas, yang berdampak adanya pemisahan antara ibadah yang sifatnya hubungan langsung dengan Allah SWT dengan ibadah yang bersifat hubungan dengan sesama manusia. Agama dalam pelukan koruptor, baru tercermin pada praktek ritual agama semata, masih menjadi kesalehan individu, belum tercermin dalam perilaku anti korupsi secara sosial. Ketika beragama menjadi koruptor karena pengaruh politik maupun ekonomi, maka ia ditinggalkan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Hasil Peer Review, Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 4, KRTHA BHAYANGKARA
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Dr. Amalia Syauket
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:57
Last Modified: 01 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16430

Available Versions of this Item

  • Hasil Peer Review Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 4 dengan Judul "Agama Dalam Pelukan Koruptor". (deposited 01 Dec 2022 03:57) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year