Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Nuryati, Tutty (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK ORGANISASI, KARAKTERISTIK TUGAS DAN KARAKTERISTIK PENGGUNA TERHADAP KEBERHASILAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN OPTIMAL PIMPINAN (Survey pada Pemerintah Daerah di Jawa). Doctoral thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
Naskah Disertasi-Lengkap.pdf - Other

Download (6MB)
[img] Text
Naskah Disertasi-Lengkap.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penerapan sistem informasi akuntansi di Pemerintahan Daerah di Indonesia memang sudah berjalan namun dalam prakteknya di lapangan, masih belum berjalan sempurna antara lain karena belum terintegrasi secara manyeluruh. Disamping itu masih ada pencatatan-pencatatan yang dilakukan secara manual, dimana cara seperti ini memungkinkan terjadi kesalahan pencatatan, baik saat perhitungan dan pencatatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris, apakah karakteristik organisasi, karakteristik tugas dan karakteristik pengguna berpengaruh terhadap keputusan optimal pimpinan malalui keberhasilan penerapan sistem Penelitian ini mengambil unit analisis seluruh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) atau Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Jawa. Target responden dari penelitian ini adalah Kepala Bidang (Kabid) dan Kepada Sub Bidang (Kasubid) Akuntansi atau sekurangnya pegawai senior bidang akuntansi di BPKAD/BPKD provinsi dan kabupaten/kota di Jawa. Dari 119 populasi yang ada, data penelitian yang berhasil dikumpulkan adalah 111 data yang diperoleh melalui instrumen kuesioner dan wawancara terhadap BPKAD/BPKD di seluruh wilayah Jawa. Pengambilan sampling menggunakan teknik sensus. Data dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik organisasi, karakteristik tugas dan karaakteristik pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan optimal pimpinan, baik secara langsung maupun melalui keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi. Temuan penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa semakin baik kualitas sistem informasi akuntansi akan semakin baik kualitas keputusan pimpinan di pemerintah daerah. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Karakteristik Organisasi, Karakteristik Tugas, Karakteristik Pengguna, Keputusan Optimal Pimpinan, Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA Dr. Sugiono Poulus, SE.,MBA.,Ak.,CA Dr. Muhammad Dahlan, SE.,M.Acc.,Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi > Laporan Keuangan, Laporan Finansial
Divisions: MKDU dan MKWU
Depositing User: Tutty Nuryati
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:36
Last Modified: 31 Jan 2023 03:36
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16792

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year