Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Cikarang Barat

Reni, Fitriyanti (2018) Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201310515133_Reni Fitriyanti_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201310515133_Reni Fitriyanti_BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201310515133_Reni Fitriyanti_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text (BAB V)
201310515133_Reni Fitriyanti_BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201310515133_Reni Fitriyanti_Daftar Pustaka.pdf

Download (324kB)
[img] Text (Lampiran)
201310515133_Reni Fitriyanti_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masa remaja merupakan salah satu periode masa perkembangan manusia. Pada perkembangan masa ini, masa remaja sangatlah kompleks dalam hal kreatifitas dan keinginan untuk mencoba segala sesuatu baik dalam pergaulan maupun intelektual. Oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah agar bakat, minat, motivasi serta keinginan berprestasi dapat diwujudkan melalui lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK 1 Cikarang Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Tehnik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Jumlah sampel yang digunakan adala 100 siswa yang di dapat melalui tehnik proportinate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan penelitian ini adalah skala motivasi belajar dan minat belajar.Tehnik analisis data dalam penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program statistik SPSS versi 21. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan taraf signifikansi > 0,05 dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari minat nelajar terhadap prestasi belajar dengan taraf signifikansi > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Neil Aldrin, M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:31
Last Modified: 05 Apr 2019 06:31
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item