PERAN CITRA MEREK, KETERLIBATAN PRODUK, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BARANG TIRUAN BERMEREK

Olivia, Olivia and Widjaja, Anton Wachidin (2014) PERAN CITRA MEREK, KETERLIBATAN PRODUK, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BARANG TIRUAN BERMEREK. Jurnal Karya Ilmiah, 14 (3). pp. 2067-2088. ISSN 1410-9794

[img] Text
JKIvol14no32014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Barang tiruan adalah barang-barang yang memiliki merek dagang yang sama (identik) atau tidak bisa dibedakan dengan merek dagang yang sudah didaftarkan atas nama perusahaan lain dan melanggar hak pemegang merek dagang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, pengetahuan produk, dan keterlibatan produk terhadap keinginan konsumen untuk membeli barang tiruan bermerek (BTB). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dengan menggunakan responden sebanyak 214 orang. Variabel-variabel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala Likert. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan judgemental sampling, sementara teknik analisis data dilakukan dengan tehnik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian dimensi citra merek berpengaruh positif terhadap keinginan membeli BTB, sementara pengetahuan produk dan keterlibatan produk tidak berpengaruh terhadap keinginan membeli BTB.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Olivia, OliviaUNSPECIFIED
Widjaja, Anton Wachidinanton.wachidin@dsn.ubharajaya.ac.id
Depositing User: Renaldiansyah Gumay
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:22
Last Modified: 04 Sep 2019 07:22
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1858

Actions (login required)

View Item View Item