Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Ahadya, Linggarjati and Fara Diba Catur Putri, FDCP and Dariyanto, Dariyanto (2022) Penerapan Model Examples Non Example Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal MataPelajaran Pkn Siswa Kelas 3 SDNHarapan Baru I. Education Journal of Bhayangkara(EDUKARYA), 2 (1). pp. 37-48.

[img] Text
Penerapan Model Examples Non Example Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal MataPelajaran Pkn Siswa Kelas 3 SDN Harapan Baru I.pdf

Download (830kB)
Official URL: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA

Abstract

Berawal dari rendahnya sikap kerja sama murid dan kepasifan dalam kegiatan belajar mengajar serta dalam proses belajar mengajar pun guru kurang melibatkan siswa sehingga siswa tidak saling bekerja sama dan belajar secara sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal peserta didik atau dalam artian meningkatkan sikap sosial peserta didik. Selain itu dalam hal ini pun kurang terlatihnya sikap sosial siswa kepada temannya perihal afektif, yang menimbulkan kepekaan siswa terhadap temannya tidak terlihat. Dengan adanya penerapan model examples non examples dapat menambah pengalaman siswa dalam belajarnya yang semula hanya memakai metode ceramah serta kurang melibatkan peserta didik. Melalui model examples non examples ini siswa dapat saling berbaur dan berdiskusi secara kelompok, dan tidak satu arah saja. Jenis metode penelitian yang di pakai pada penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas, yang di peruntukkan memperbaiki kekurangan dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu dengan adanya penerapan model examples non examples di harapkan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dalam hal kepekaan sosial, wawasan sosial dan komunikasi sosial.

Item Type: Article
Subjects: Umum > Jurnal
Depositing User: Fara Diba Catur Putri
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:16
Last Modified: 03 Feb 2023 02:16
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year