Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Tampubolon, Ridwan (2004) Tindak Pidana Perbankan Dengan Sarana Komputer (Studi Kasus Bank BNI 46 Cabang New York). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
RIDWAN TAMPUBOLON_2000115207_Fakultas Hukum_2004.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penulis menggunakan metode penelitian Empiris yang menggunakan pendekatan Deskriptif Analisis. Data yang digunakan adalah data Primer yaitu melalui wawancara langsung dengan Penyidik dan Hakim pada Mahkamah Agung Rl yang menangani kasus tersebut, sedangkan data Sekundernya adalah Keputusan Mahkamah Agung RI, Literatur, Karangan Ilmiah, Majalah Hukum, Kamus, Surat Kabar dan sebagainya. Proses terjadinya Tindak Pidana Perbankan dengan Sarana Komputer dilakukan secara bertahap dan terencana dan dalam pelaksanaannya menggunakan komputer, pelaku sendiri memanfaatkan kelemahan Bank BNI yang masih menggunakan Password yang digunakan pelaku pada saat pelaku masih bekerja di Bank BNI46 Cabang New York. Dapat dilihat juga yang dapat melakukan Tindak Pidana tersebut adalah orang yang menguasai Komputer dan dalam pelaksanaannya melibatkan orang dalam (Insiders) ataupun seseorang yang pemah bekerja di Bank tersebut. Perlindungan Hukum terhadap Tindak Pidana Perbankan dengan Sarana Komputer pada Bank BNI 46 Cabang New York itu dirasa kurang maksimal, ini dapat dilihat dengan ringannya masa hukuman yang diberikan oleh Hakim bagi para pelaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. Koesparmono Irsan, S.I.K., S.H., M.M., M.B.A., Hj. Silvia Nurlaila, S.Pd., S.E., M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:14
Last Modified: 19 Jun 2023 02:14
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21548

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year