Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Wibiyanto, Herry (2005) Perlindungan Hukum Terhadap Saksi Kasus Penganiayaan Di Polsek Metro Bekasi Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
9801065_HERRY WIBIYANTO_HUKUM_Fakultas Hukum_2005.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Keberadaan saksi dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selama ini, ada beberapa hal yang menjadi masalah, Polri kadang-kadang mengalami kesulitan dalam menghadirkan saksi, karena masalah biaya operasional yang minim, ancaman atau intimidasi dari pihak lain dan sebagainya, disamping itu dilihat dari sudut pandang saksi, kadang-kadang kurang mempunyai kesadaran hukum tentang hak dan kewajibannya, sehingga dapat menghambat pengungkapan tindak pidana secara menyeluruh. Masalah saksi bukan masalah yang baru karena hal-hal tertentu kerang diperhatikan, kadang-kadang diabaikan. Tetapi akhir-akhir ini masalah saksi mulai diperhatikan melalui seminar-seminar, diskusi-diskusi panel banyak membahas perlindungan saksi maupun korban, apabila kita mengamati masalah kejahatan menurut proporsi secara dimensional, maka ada beberapa faktor yang terkait sehingga ada kejabatan. Pertama lahirnya korban kejahatan, kedua pembuat korban dan ketiga pihak yang menyaksikan suatu deviasi lahirnya korban dan pembuat korban yang disebut saksi/penonton pengamat (bystander).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Koesparmono Irsan, S.I.K., S.H., M.B.A., M.M., Hj. Silvia Nurlaila, S.Pd., S.E., M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:59
Last Modified: 19 Jun 2023 02:59
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year