Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Fadilah, Fahma (2021) Analisis Yuridis terhadap Sengketa Antara Merek Hugoboss dan Zegoboss dari Perspektif UU Merek di Indonesia. Masters thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201410115079_Fahma Fadilah_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201410115079_Fahma Fadilah_BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
201410115079_Fahma Fadilah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201410115079_Fahma Fadilah_dfatar Pustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text
201410115079_Fahma Fadilah_BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
201410115079_Fahma Fadilah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA ANTARA MEREK HUGOBOSS DAN ZEGOBOSS DARI PERSPEKTIF UU MEREK DI INDONESIA" dan dengan berlatar belakang masalah sengketa merek terkenal , adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana perlindungan hukum dan pertimbangan hakim dalam sengketa merek terkenal ini . Merek Terkenal adalah merek yang memiliki reputasi tinggi, dikenal secara umum oleh masyarakat melalui promosi besar-besaran, investasi dan terdaftar di berbagai Negara.Sengketa Merek Terkenal semakin sering terjadi seperti yang dialami HUGO BOSS. Berbagai ketentuan mengenai merek telah diatur dalam Undang- Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek dan telah diperbaharui dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek Metode yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah metode penelitian yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptis analitis.Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan metode analisis kualitatif . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HUGO BOSS dinyatakan sebagai merek terkenal yang telah terdaftar lebih dahulu pada Tahun 1997 dan terdapat persamaan pada pokoknya dengan ZEGOBOSS milik Alexander dan/atau Alexander wong yang terbukti melakukan pendaftaran dengan itikad tidak baik pada Tahun 2008. Sehingga akibat hukum bagi Penggugat adalah Penggugat dinyatakan sebagai pemilik yang sah dan berhak untuk menggunakan merek terkenal HUGO BOSS sedangkan merek milik Tergugat yang telah didaftarkan tersebut harus dibatalkan/dinyatakan tidak sah. manfaat penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai pendaftaran merek , dan sebagai saran untuk pemerintah untuk melindungi merek yang telah terdaftar khususnya merek terkenal. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah sebaiknya Direktorat Merek Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia lebih teliti dan memperketat pemeriksaan dalam proses penerimaan pendaftaran merek, sehingga tidak terjadi penerimaan merek yang sama yang telah didaftarkan terlebih dahulu dan untuk menghindari terjadinya sengketa merek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:04
Last Modified: 24 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year