Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Putri, Ayu Angraeni (2019) Komunikasi Antarbudaya Diantara Pemain Game Online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile (Studi Kasus Komunikasi Menggunakan Fitur Voice Chat Game Online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_BAB I.pdf

Download (929kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text (Lampiran)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan proses komunikasi antarbudaya yang berlangsung melalui fitur voice chat game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile dan stereotip-stereotip yang timbul dari komunikasi antarbudaya diantara pemain. Game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile merupakan game multi pemain berbasis internasional yang memungkinkan pemain dari berbagai daerah dan negara bertemu dan berkomunikasi dalam permainan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi antarbudaya yang terjadi dan pembentukan stereotip pada pemain game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification sebagai landasan dalam melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun proses komunikasi diantara pemain game mengalami hambatan perbedaan bahasa, tetapi pemain game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile tetap meneruskan permainan karena memiliki tujuan tersendiri yang ingin dicapai melalui komunikasi di dalam game. Hal ini sesuai dengan teori uses and gratification bahwa pemilihan dan penggunaan media oleh khalayak dilakukan secara sengaja dan tindakan termotivasi oleh tujuan. Pembentukan stereotip pada pemain juga berdasarkan pada pengalaman bermain dan pengalaman komunikasi melalui voice chat diantara pemain game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile. Kata kunci : Game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile, Teori Uses and Gratification, Stereotip

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile, Teori Uses and Gratification, Stereotip
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:56
Last Modified: 09 Jun 2020 01:56
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year