Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Handayani, Vivi (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Kanta Laundry dengan Pendekatan Metode Service Quality. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610215224_Vivi Handayani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201610215224_Vivi Handayani_BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
201610215224_Vivi Handayani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201610215224_Vivi Handayani_BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
201610215224_Vivi Handayani_Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB)
[img] Text
201610215224_Vivi Handayani_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu bentuk usaha yang diberikan oleh pihak perusahaan yang bertujuan untuk menarik perhatian para pelanggan guna meningkatkan penjualan. Salah satu usaha dalam bidang jasa yaitu penyedia jasa Laundry. Penelitian ini dilkukan di Kanta Laundry yang berlokasi di Jln Setia Mekar, Tambun Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan para pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan Kanta Laundry dan untuk dapat mengetahui atribut apa saja yang dijadikan prioritas untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya sesuai harapan para pelanggan dengan menggunakan pendekatan metode Service Quality (SERVQUAL). Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata service quality pada dimensi tangible sebesar 3.424 untuk kenyataan pelanggan dan sebesar 3.596 untuk harapan pelanggan dengan nilai gap sebesar -0.172. Pada dimensi reliability sebesar 3.572 untuk kenyataan pelanggan dan sebesar 3.664 untuk harapan pelanggan dengan nilai gap sebesar -0.092. Pada dimensi responsiveness sebesar 3.420 untuk kenyataan pelanggan dan sebesar 3.492 untuk harapan pelanggan dengan nilai gap sebesar - 0.072. Pada dimensi assurance sebesar 3.612 untuk kenyataan pelanggan dan sebesar 3.656 untuk harapan pelanggan dengan nilai gap sebesar -0.044. Pada dimensi empathy sebesar 3.124 untuk kenyataan pelanggan dan sebesar 3.272 untuk harapan pelanggan dengan nilai gap sebesar -0.148. Berdasarkan 5 dimensi servqual atribut yang memiliki nilai gap paling terbesar terdapat pada atribut tangible dan empathy yaitu lokasi Kanta Laundry yang kurang strategis dikarenakan terletak diantara permukiman warga dan terkait pemberian promosi yang masih kurang diberikan Kanta Laundry artinya pelayanan di Kanta Laundry dinyatakan belum baik dan belum memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri > Pengendalian Kualitas
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:41
Last Modified: 25 Jan 2024 04:41
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/26288

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year