Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mangundjaya, Wustari L and Yuniarso, Ratri E and Ningrum, Dela T.W and Sheilin, Dwi Agustin (2023) Implementasi membangun strategi budaya organisasi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (8). pp. 261-268. ISSN 2986-6340

[img] Text
0 Budaya Organisasi.pdf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/...

Abstract

Abstrak Budaya organisasi merupakan nilai-nilai kunci yang diyakini dan mengandung karakteristik yang dibawa oleh anggota organisasi ke dalam organisasinya, yang menjadi suatu sistem nilai, sehingga organisasi memiliki kepribadian sebagai suatu sistem yang diterima bersama dan akan menciptakan organisasi yang efektif dengan budaya yang kuat dan berbeda dengan organisasi lain.Dalam hal ini proses pembentukan sampai menuju internalisasi nilai-nilai dan budaya organisasi merupakan proses yang panjang, sehingga memerlukan strategi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses membangun strategi budaya organisasi pada organisasi PT X, yang bergerak dalam bidang manufaktur mesin otomotif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara pendekatan kualitatif, melalui wawancara, diskusi, pengamatan dan studi data sekunder. Proses yang ada saat ini masih dalam Awareness dan Understanding sehingga masih memerlukan proses yang panjang menuju internalisasi budaya organisasi, Kata kunci: nilai-nilai, budaya organisasi, sosialisasi, karyawan. Abstract Organizational culture is a key values that are believed and contain characteristics that are brought by members of the organization into their organization, which then make a value system at different intensities and gives it a different identity, so that the organization has a personality as a system that is shared and will create an effective organization with a strong culture and is different from other organizations. To achieve a good internalization of the values, is a long process, started from socialization. The aimed of this research is to identify the process of developing organizational culture at PT X, that manufacturing car’s engines. The method used by qualitative research using interview, observation, discission and internal data (secondary data). The current stage of the program is under the awareness and understanding, thus still need a long process and intervention to the stage of internalization. Keywords: values, organizational culture, socialization, employee

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai, budaya organisasi, sosialisasi, karyawan
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:46
Last Modified: 12 Feb 2024 03:46
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year