Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mangundjaya, Wustari L and Tutuarima, Iris Yolanda B. (2023) PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN KOMPETENSI GURU MELALUI WORKSHOP PEMBUATAN RPP-UNIK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (1). pp. 234-241. ISSN 2580-0531

[img] Text
7. RPP-Unik.pdf

Download (436kB)
Official URL: https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/AJPKM/ar...

Abstract

Abstrak Untuk dapat memeroleh peserta didik yang cerdas, dan memiliki wawsan kebangsaan, maka diperlukan adanya program pemberdayaan dan pendidikan yang menarik disesuaikan dengan kondisi karakteristik individu masing-masing. Untuk itu, seorang pendidik dalam hal ini guru harus mampu menciptakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merupakan persiapan guru sebelum melakukan proses ajar mengajar. Dalam hal ini, dengan memerhatikan bahwa kreativitas dan inovasi peserta didik harus dikembangkan, maka guru juga harus mampu mengembangkan RPP yang progresif, yaitu yang memerhatikan kondisi dari peserta didik, yang disebut dalam program ini sebagai RPP-Unik. Program pembuatan RPP-Unik ini adalah merupakan program pengembangan organisasi dan kompetensi yang dilakukan pada salah sebuah sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Depok, dengan jumlah partisipan 20 orang guru. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop, yang terbagi ke dalam 3 (tiga) tahapan, yaitu: 1) Workshop Rancangan RPP-Unik, 2) Penugasan pembuatan RPP-Unik dan 3) Evaluasi Rancangan RPPUnik. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa partisipan merasa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan perannya sebagai guru dan menginginkan untuk ada program lanjutannya. Abstract To develop competent students with national insight, it is necessary to have an empowerment and educational program adapted to each individual characteristic. Accordingly, teachers are required to have the knowledge and skill to develop a lesson plan. As other lesson plans in general, the reffered lesson plan functions as learning trajectory prepared prior to teaching. However, RPP-Unik, the progressive lesson plan referred in this text, is aimed at developing students’ creativity and innovation. RPP-Unik is an organizational and competency development program executed at one of the Madrasah Ibtidaiyah schools in Depok, with a total of 19 teachers articipating. This activity is carried out in the form of a workshop, divided into 3 (three) stages, namely: 1) RPP-Unik Design Workshop, 2) Assignment to make Unique RPP and 3) Evaluation of RPP-Unik Design. The results indicate that the participants considered the workshop effective for developing their competencies and requested a follow-up program to be conducted.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teacher, RPP-Unik, Organizational Development
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:34
Last Modified: 15 Feb 2024 01:34
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27273

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year