Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Hatibie, Christophorus Indra Wahyu Putra (2003) ANALISIS STRATEGI BERSAING TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PT. ASTRA HONDA MOTOR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PENJUALAN DI INDONESIA (STUDI KASUS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PANGSA PASAR SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI INDONESIA). Masters thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARATA RAYA.

[img] Text
TESIS CH. INDRA WAHYU PUTRA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Pertumbuhan industri sepeda motor dari tahun 2000 hingga tahun 2005 menunjukan perkembangan yang terus meningkat. Meski sempat dihantam tingginya inflasi yang menekan daya beli masyarakat, persaingan penjualan para ATPM di Indonesia tetap semakin menajam. Hal ini dapat dilihat dari hasil angka penjualan sepeda motor di Indonesia pada tahun 2005 yang mampu menembus angka 5,089 juta unit. Penjualan sepeda motor tahun 2005 ini lebih tinggi 30,48% dibandingkan tahun 2004 yang sebesar 3,900 juta unit. Tingginya animo pembelian motor di tengah lesunya ekonomi ini, selain didorong oleh kebutuhan masyarakat akan alat transportasi yang terjangkau serta hemat bahan bakar minyak, juga dikarenakan infrastruktur dan sarana transportasi yang ada tidak memadai. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam, sepeda motor Honda hasil produksi PT. Astra Honda Motor, dengan segala keunggulannya tetap mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia. Untuk dapat bertahan di dalam persaingan penjualan yang ketat di suatu industri, diperlukannya adanya suatu strategi pemasaran yang benar-benar handal dan dapat diterapkan pada semua lini pemasaran. Penelitian ini akan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor dengan memakai Teori Strategi Bersaing yang dikemukakan oleh Michael E. Porter (1980) serta Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Penelitian ini juga akan membahas bagaimana PT. Astra Honda Motor menentukan dan menerapkan strategi pemasarannya, sehingga tetap dapat menjadi market leader dari pasar sepeda motor di Indonesia selama ini. Juga akan dibahas apa yang menjadi kendala dan hambatan dari PT. Astra Honda Motor di dalam menerapkan strategi pemasarannya tersebut. Di dalam menghadapi dan menanggulangi persaingan pasar yang semakin ketat, menurut Michael E. Porter ada tiga pendekatan strategi yang dapat dipergunakan, strategi tersebut adalah strategi bersaing generik yang secara pontensial akan berhasil untuk mengungguli perusahaan lain. Tiga pendekatan strategi bersaing generik tersebut adalah ; keunggulan biaya menyeluruh, diferensiasi dan fokus. Dasar pendekatan dari strategi bersaing adalah dengan melihat hubungan perusahaan dengan ingkungannya. Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, maka seluruh aktivitas pemasaran yang terdiri dari 4 P; product, price, promotion dan place harus didayagunakan untuk memfokuskan sumber daya dan sasaran perusahaan atas peluang yang ada di dalam lingkungannya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan eksplanasif, dengan cara membandingkan antara model strategi pemasaran yang diterapkan oleh manajemen PT. Astra Honda motor dengan teori strategi bersaing dan bauran pemasaran. Harapan dan tujuan dari perbandingan tersebut adalah untuk melihat sejauh mana tingkat efektivitas dan optimalisasi dari strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PT. Astra Honda Motor di dalam menghadapi persaingan penjualan sepeda motor di Indonesia, baik itu terhadap pesaing lama yang sudah ada (para ATPM lainnya) maupun terhadap pesaing baru (sepeda motor impor) yang masuk ke pasar Indonesia. Dari hasil analisis terhadap strategi pemasaran PT. Astra Honda Motor dengan menggunakan teori strategi bersaing dan bauran pemasaran, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dipergunakan oleh PT. Astra Honda Motor untuk menghadapi lima kekuatan persaingan penjualan sepeda motor di Indonesia telah menerapkan pendekatan-pendekatan teori tiga strategi generik secara efektif. Optimalisasi dari strategi pemasaran juga berhasil dicapai dengan mennggunakan bauran pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Astra Honda Motor secara konsisten. PT. Astra Honda Motor juga merupakan perusahaan yang mampu melaksanakan 3 pendekatan strategi generik secara bersama-sama hingga mampu menjadi market leader di pasar sepeda motor Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Christophorus Indra W.P
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:44
Last Modified: 16 Feb 2024 01:44
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year