Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mangundjaya, Wustari L. (2019) Mengembangkan Kewirausahaan Melalui Pemberdayaan Produk Intelektual Kampus. Inti Pesan.

[img] Text (Article National)
mengembangkan-kewirausahaan-melalui-pemberdayaan-produk-intelektual-kampus - Published Version

Download (94kB)
Official URL: http://www.intipesan.com/mengembangkan-kewirausaha...

Abstract

Kewirausahaan merupakan penunjang perkenomian di Indonesia. Hal ini antara lain terlihat pada saat krisis ekonomi di dunia, yang juga melanda perekonomian di Indonesia, salah satu aspek yang menunjang perekonomian Indonesia adalah dari kalangan Usaha Menengah kecil (UMK) dan Mikro, karena banyak perusahaan-perusahaan besar yang justru mengalami goncangan yang besar, bahkan ada pula yang menutup usahanya untuk sementara waktu. Untuk itu, penguatan dan pengembangan kewirausahaan sangat diperlukan. Berbicara mengenai kewirausahaan, berdasarkan data yang diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS), saat ini wirausaha Indonesia sudah mencapai jumlah sekitar 8 juta. Dari angka tersebut, terlihat telah terdapat peningkan jumlah wirausaha dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, bila dibandingkan dengan jumlah populasi penduduk Indonesia yang saat ini sudah mencapai sekitar 267 juta orang, maka wirausaha yang ada hanya sekitar 3,1 persen, dan dapat dikatakan jumlah tersebut masih kecil. Untuk itu, pemerintah masih perlu menggalakkan program kewirausahaan dengan berbagai cara. Dunia akademis diminta juga untuk ikut berperan serta pada pengembangan kewirausahaan dengan cara mengembangkan staf pengajar, mahasiswa dan tenaga pendidik untuk menjadi wirausaha. Menjadi seorang wirausaha yang handal tidak dapat secara instan, perlu adanya pembinaan, pendampingan dan tempat untuk melakukan praktek berwirausaha. Dalam hal ini, kampus merupakan salah satu tempat ideal dalam pengembangan kewirausahaan. Banyak hal yang dapat menjadi unsur pendukung dalam pengembangan kewirausahaan di dunia kampus, baik dari aspek informasi, kepakaran, fasilitas, jejaring maupun berbagai akses penting lainnya yang dapat digunakan untuk memasarkan produk dan jasa yang dihasilkan. Selain itu pula, kampus dapat menjadi sarana ideal dalam mengeksplorasi ide-ide inovatif yang dapat dikembangkan. Makalah kecil ini bermaksud hendak membahas mengenai pengembangan dan penguatan kewirausahaan di Perguruan Tinggi melalui pemberdayaan produk intelektual kampus yang berupa permainan edukatif psikologis dalam bentuk boardgame.

Item Type: Article
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:32
Last Modified: 07 Jun 2024 06:32
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27530

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year