Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mangundjaya, Wustari L (2021) DIKTAT MENJADI TRAINER DAN FASILITATOR PELATIHAN. Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. (Unpublished)

[img] Text
Final Diktat TOT_NoCopy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia berubah, dan dengan berbagai perubahan yang ada hal ini menuntut adanya penyesuaian dan pengembangan dari organisasi maupun pegawai untuk menyesuaikannya. Hal ini antara lain dapat diatasi dengan cara mengembangkan individu dalam hal ini karyawan maupun calon karyawan untuk dapat mengembangkan kompetensinya, baik dalam hal pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills, baik hard skills maupun soft skills), serta Sikap kerja (Attitude). Pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian coaching, mentoring maupun pelatihan. Dalam hal ini, untuk dapat menjangkau pengembangan karyawan lebih banyak, maka program pelatihan sering mejadi pilihan program pengembangan, baik pelatihan yang dilakukan secara internal (didalam organisasi) maupun eksternal (mengirimkan ke tempat penyelenggraan pelatihan. Konsekwensinya adalah hal ini menuntut adanya pelatih dan atau fasilitator pelatihan yang handal. Sementara itu, menjadi seorang trainer/fasilitator yang handal memerlukan kompetensi tersendiri yang perlu dipelajari dan dimiliki. Untuk itu, bila seseorang ingin menjadi seorang trainer dan/atau fasilitator pelatihan maka perlu memersiapkan dirinya dengan memiliki persyaratan kompetensi tersebut, baik dari aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap yang akan diajarkan kepada para peserta pelatihan. Tujuan dari pembuatan diktat secara umum adalah: 1) Menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial mahasiswa. 2) Membantu siswa dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh. Sementara itu, tujuan khusus dari pembuatan ini adalah: Membekali mahasiswa dalam mengikuti pelajaran Pelatihan bagi calon pelatih atau biasa disebut dengan Training of trainer (TOT). Materi bahasan dalam mata kuliah ini adalah mengtacu pada RPS sebagai berikut: 1) Ruang Lingkup Training of trainer (TOT), dan Siklus serta variabel pelatihan; 2) Analisis kebutuhan pelatihan, 3) Persyaratan kompetensi bagi trainer dan fasilitator, 4) Penentuan tujuan dan materi pelatihan, 5) Prinsip belajar orang dewasa dan experiential learning , 6) Metode pelatihan serta Energizer dan icebreaking, 7) Penyusunan program pelatihan, 8) Persiapan implementasi program pelatihan, 9) Implementasi menjadi trainer/fasilitaor pelatihan. 10) Menghadapi peserta sulit dalam pelatihan, 11) Merancang evaluasi. Sebagai usaha untuk meningkatkan pendalaman menjadi seorang calon trainer maka dalam kuliah ini juga akan di undang seorang dosen tamu yang akan berdiskusi dan menrangkan mengenai pengalamannya sebagai seorang trainer/fasilitaor pelatihan.

Item Type: Book
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 07 Jun 2024 10:35
Last Modified: 07 Jun 2024 10:35
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year