Strategi Komunikasi Komunitas Batik Bekasi (Kombas) dalam Memperkenalkan Batik Bekasi kepada Masyarakat.

Mujab, Saeful and Komala Dewi, NIta (2018) Strategi Komunikasi Komunitas Batik Bekasi (Kombas) dalam Memperkenalkan Batik Bekasi kepada Masyarakat. IKON (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi ), XXII (3). pp. 207-215. ISSN 1978-6972

[img] Text (Cover - Daftar Isi - Materi - Surat Tugas)
Strategi Komunikasi Komunitas Batik Bekasi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Komunitas Batik Bekasi (Kombas) dalam memperkenalkan Batik Bekasi kepada masyarakat. Batik sebagai sebuah karya seni, memiliki corak dan motif yang berbeda. Sebagai mana di wilayah Bekasi yang juga memiliki karya seni batik, dikenal dengan sebutan Batik Tarawang. Namun demikian untuk mempermudah masyarakat mengenalnya dinamakan Batik Bekasi. Batik Bekasi sebagai produk karya seni yang kurang lebih 4 (empat) tahun baru di Launching, sampai saat ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Ada sebuah komunitas yang peduli terhadap karya seni tersebut, yang menamakan diri Komunitas Batik Bekasi (Kombas). Komunitas inilah yang gigih mengupayakan agar Batik Bekasi dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan hal tersebut, telah menarik perhatian peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana strategi komunikasi Komunitas Batik Bekasi (Kombas) dalam memperkenalkan Batik Bekasi kepada masyarakat? Untuk itu, disusun penelitian dengan judul Strategi Komunikasi Komunitas Batik Bekasi (Kombas) dalam Memperkenalkan Batik Bekasi kepada Masyarakat). Pada penelitian ini peneliti menggunakan paradigma postpositivisme, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, Komunitas Batik Bekasi (Kombas) dalam memperkenalkan Batik Bekasi, dilakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat dengan menyelenggarakan acara seperti seminar, workshop membatik, fashion show, pameran, dan bazzar. Selanjutnya Komunitas Batik Bekasi (Kombas) juga dilakukan publikasi melalui media konvensional dan media baru komersil dengan tidak berbayar dan melalui media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

Item Type: Article
Subjects: Umum > Jurnal
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
KODE PRODI: 70201#Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mujab, SaefulNIDN0303108001
Komala Dewi, NItaNIDN0314048302
Depositing User: Nita Komala Dewi
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:04
Last Modified: 09 Jul 2020 02:04
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item