Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Pratiwi, Vira and Gumala, Yosi and Aryanto, Sani and Nurkaeti, Nunuy (2019) BERPIKIR ALJABAR DENGAN MEMODELKAN SITUASI MASALAH MENGGUNAKAN TABEL DAN DIAGRAM: STUDI FENOMENOLOGIHERMENEUTIK. Universitas Majalengka, Majalengka.

[img] Image
Prosiding Unma_1.pdf

Download (301kB)
Official URL: https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/...

Abstract

Berpikir aljabar merupakan salah satu kemampuan yang penting dibiasakan sejak sekolah dasar. Sebelum siswa belajar tentang aljabar, siswa harus memiliki banyak pengalaman dalam melakukan representasi, abstraksi, dan generalisasi. Kemampuan representasi data menggunakan tabel dan diagram merupakan salah satu indikator berpikir aljabar. Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya learning obstacles berpikir aljabar dengan merepresentasikan data menggunakan tabel dan diagram di kelas V sekolah dasar. Learning obstacles tersebut meliputi ontogenical obstacles, epistemological obstacles dan didactical obstacles. Temuan learning obstacles ditelusuri lebih dalam berdasarkan jenisnya yakni, secara konseptual, instrumental maupun psikologikal. Hambatan tersebut menyebabkan kemampuan berpikir aljabar siswa sulit berkembang. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan desain didaktis untuk mengatasi learning obstacles tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Didactical Design Research (DDR). Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis learning obstacles yang ditemukan untuk dijadikan sebagai pengembangan learning trajectory. Proses analisis tersebut menghasilkan alternatif situasi didaktis yang dapat mengatasi hambatan dalam berpikir aljabar. Alternatif situasi didaktis tersebut dijadikan landasan dalam mengembangkan lesson design yang akan diimplementasikan. Pada saat implementasi, peneliti mengumpulkan temuan-temuan yang terjadi diluar prediksi. Setelah implementasi peneliti melakukan analisis retrospektif untuk merumuskan desain revisi. Penelitian ini menghasilkan lesson design berpikir aljabar kelas V sekolah dasar. Mengingat bahwa berpikir aljabar pada kurikulum di sekolah dasar masih tersirat, maka perlu pengembangan lesson design secara komprehensif untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan berpikir aljabar.

Item Type: Other
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Sains dan Matematika > Matematika
Divisions: Peer Review
Depositing User: Vira Pratiwi
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:35
Last Modified: 20 Jul 2020 02:35
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year