Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Merdiaty, Netty and Febrieta, Ditta (2023) PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL SISWA DI SEKOLAH MELALUI PROGRAM MENTORING GURU. PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL SISWA DI SEKOLAH MELALUI PROGRAM MENTORING GURU, 4 (6). pp. 13573-113579. ISSN P-ISSN 2721-5008| E-ISSN 2721-4990

[img] Text
PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL SISWA DI SEKOLAH MELALUI PROGRAM MENTORING GURU.pdf

Download (251kB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Kesehatan mental siswa telah menjadi fokus perhatian di Indonesia dikarenakan menurunnya kesehatan mental yang dialami oleh siswa di sekolah yang diakibatkan oleh perubahan teknologi 5.0 dan adanya pandemi covid-19. Kesehatan mental pada siswa memiliki peran penting agar siswa dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta membentuk hubungan positif dengan orang lain. Sekolah berbasis pada Layanan kesehatan mental sangat menjanjikan untuk menjangkau siswa yang membutuhkan melalui keterlibatan guru. Untuk mencapai hal tersebut, guru perlu terus mengembangkan diri dan mendapatkan dukungan dari sekolah untuk menjadi penyaring sekaligus penyeimbang dan pembentuk mental peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui program guru mentor. Kecakapan guru sebagai mentor dapat berguna dalam meningkatkan kesehatan mental pada siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait peran mentor guru guna meningkatkan kesehatan mental pada peserta didik di sekolah serta melakukan sosialisasi kepada siswa tentang pentingnya kesehatan mental. Kegiatan sosialisasi dilaksanan secara paralel di SMP Gameel Akhlak dengan guru dan siswa sebagai peserta kegiatan. Metode yang digunakan dengan FGD dan diskusi yang diterapkan pada guru dan siswa. Hasil temuan di lapangan menemukan bahwa siswa memiliki kesehatan mental yang cukup baik, meskipun diantaranya masih ada siswa yang memiliki kesehatan mental yang kurang baik. Selain itu, program mentoring dapat menjadi langkah yang efektif untuk memberikan wawasan pada guru terkait peningkatan kesehatan mental pada siswa di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dr Netty Merdiaty
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:23
Last Modified: 27 Feb 2025 01:23
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/33401

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year