Berita Pasca Kemenangan Donald Trump Sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) Tahun 2016 (Analisis Framing di Media Online Detik.com dan Kompas.com Edisi 10-11 November 2016)

Intan Yuhana Dewi, Intan Yuhana Dewi and Dra. Sari Endah Nursyamsi, M.M, Dra. Sari Endah Nursyamsi, M.M and Ratna Puspita, S.Sos., M.Si, Ratna Puspita (2020) Berita Pasca Kemenangan Donald Trump Sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) Tahun 2016 (Analisis Framing di Media Online Detik.com dan Kompas.com Edisi 10-11 November 2016). In: Jejak Komunikasi Pada Era Kontemporer Dari Sudut Pemikiran dan Riset. Ubhara Jaya Press, pp. 154-164. ISBN 978-979-9233-87-5

[img] Text (Chapter Book Jejak Komunikasi Pada Era Kontemporer)
154-164.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Karya ilmiah ini bertujuan untuk memahami, menganalisis, mengevaluasi, mendeskripsikan dan menjadi bahan perbandingan media online pada Kompas.com dan Detik.com dalam membingkai berita Pascakemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS Tahun 2016 dalam menyampaikan sebuah peristiwa kepada publik. Penelitian ini menggunakan interpretatif kualitatif dengan metode penelitian analisis Framing. Fokus penelitian ini adalah bagaimana frame berita Pascakemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) Tahun 2016 di media online Kompas.com dan Detik.com. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Framing dengan paradigma atau pendekatan konstruksionis yang mempunyai pandangan tersendiri terhadap media. Penelitian ini menggunakan analisis Framing model Pan dan Kosicki dengan empat strukturnya yaitu Struktur Sintaksis (cara wartawan menyusun fakta), Struktur Skrip (cara wartawan mengisahkan fakta), Struktur Tematik (cara wartawan menulis fakta), Struktur Retoris (cara wartawan Menekankan Fakta). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kompas.com dan Detik.com bahwa terdapat pandangan berbeda pada suatu kejadian yang sama yakni terkait mengenai Pascakemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS. Media Kompas.com lebih banyak mengutip peryataan dari narasumber yang terkait. Sedangkan Detik.com lebih pada pandangan netral. Melalui analisi framing berita yang dimuat detik.com lebih banyak memuat ulasan dengan mencampurkan opini wartawan dalam beritanya. Secara keseluruhan memuat pandagan pribadi wartawan dalam mengulas berita jika ditinjau dari kelengkapan berita, detik.com sangat lengkap dari unsur 5W+1H. Kata Kunci : Framing, Kompas.com dan Detik.com, Pascakemenangan Donald Trump sebagi Presiden AS Tahun 2016

Item Type: Book Section
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: KODEPRODI70201#Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Intan Yuhana Dewi, Intan Yuhana DewiUNSPECIFIED
Dra. Sari Endah Nursyamsi, M.M, Dra. Sari Endah Nursyamsi, M.M040503008
Ratna Puspita, S.Sos., M.Si, Ratna Puspita041606035
Depositing User: Fakultas Ilmu Komunikasi UBJ
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:51
Last Modified: 28 Jul 2020 01:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item