Efektivitas Iklan Politik Partai Perindo Di Media Televisi MNC Grup Dalam Meningkatkan Elektabilitas Partai Di Kecamatan Mustikajaya

Heri Purwanto, Heri Purwanto and Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom, Saeful Mujab and Rina Sovianti, S.I.P, M.I.Kom, Rina Sovianti (2020) Efektivitas Iklan Politik Partai Perindo Di Media Televisi MNC Grup Dalam Meningkatkan Elektabilitas Partai Di Kecamatan Mustikajaya. In: Jejak Komunikasi Pada Era Kontemporer Dari Sudut Pemikiran dan Riset. Ubhara Jaya Press, pp. 165-179. ISBN 978-979-9233-87-5

[img] Text (Chapter Book Jejak Komunikasi Pada Era Kontemporer)
165-179.pdf

Download (282kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh efektivitas terpaan iklan politik Perindo di media televisi terhadap elektabilitas partai. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksplanasi. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 99 responden. Efektivitas iklan di televisi bisa diukur menggunakan Direct Rating Method (DRM) atau Metode Penentuan Peringkat Langsung. Hasil penelitian dilihat dari nilai hitung r hitung (koefisien) lebih besar dari nilai r tabel maka bisa dikatakan variabel X mempengaruhi variabel Y, variabel bebas X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 5.47% terhadap variabel Y dan 4.53% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penelitian dan data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka, serta situs internet yang relevan dengan fokus penelitian. Hipotesis penelitian ini nilai signifikasi lebih kecil (<) dari 0.005 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara efektivitas iklan politik perindo terhadap elektabilitas partai, hubungan antara kedua variabel tersebut sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektifnya iklan politik perindo terhadap elektabilitas partai di Kecamatan Mustikajaya dengan tingkat ke efektifan rendah. Kata kunci: Efektivitas Iklan Politik, Perindo, Elektabilitas

Item Type: Book Section
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: KODEPRODI70201#Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Heri Purwanto, Heri PurwantoUNSPECIFIED
Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom, Saeful Mujab041310003
Rina Sovianti, S.I.P, M.I.Kom, Rina Sovianti0041609009
Depositing User: Fakultas Ilmu Komunikasi UBJ
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:51
Last Modified: 28 Jul 2020 01:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item