ANALISA DAN PERANCANGAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DESA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN UML

Kusdarnowo Hantoro, Kus (2020) ANALISA DAN PERANCANGAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DESA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN UML. LPPM Unindra, Universitas Indraprasta.

[img] Text
Peer Review Jurnal Faktor Exacta.pdf

Download (797kB)

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian penting dalam aktifitas sehari-hari, banyak pihak yang memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan salah satunya adalah pelayanan sektor pemerintah. Tidak semua informasi tersampaikan dan terlayani kepada masyarakat secara cepat, lengkap, dan teratur karena jangkauan informasinya yang terbatas. Layanan informasi publik diharapkan mampu mendukung adanya transparansi pengelolaann desa kepada masyarakat yang dilayaninya. Penyediaan layanan pemerintahan desa secara online (e-service), menunjukkan terjadinya peningkatan komunikasi dan informasi yang mendorong peningkatan kepercayaan di masyarakat. Purwarupa sistem layanan yang dibangun secara cepat untuk memfasilitasi penyampaian oleh masyarakat menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Sistem ini memberikan informasi status pengaduan yang telah disampaikan yang selalu termutakhirkan sehingga dapat dijadikan perangkat pengawasan masyarakat terhadap kinerja layanan pemerintah. Dengan sistem ini masyarakat juga dapat terlibat sebagai agen informasi untuk kepentingan promosi desanya. Dari hasil penelitian, disarankan untuk melakukan sosialisasi lebih giat, selain juga pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk mengoperasikan secara online merupakan kunci suskesnya program ini.

Item Type: Other
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
KODE PRODI: 55201
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kusdarnowo Hantoro, Kus0329076601
Depositing User: Kusdarnowo Hantoro
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:17
Last Modified: 06 Aug 2020 03:17
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item