Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Hasaya, Haudi and Navanti, Dovina (2025) Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Air Perumda Tirta Patriot di Perumahan Villa Indah Permai Bekasi. Journal of Engineering Environmental Energy and Science, 4 (2). pp. 65-78. ISSN 2828-6170

[img] Text
artikeljo3es.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JOE3S/a...

Abstract

Permasalahan air yang dikeluhkan masyarakat dari pelayanan dari oleh Perumda Tirta Patriot masih banyak ditemui. Untuk itu, perlu kajian mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan terhadap tingkat kepuasan para pelanggan terhadap distribusi air oleh Perumda Tirta Patriot. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan distribusi air Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam pengukuran tingkat kepuasan pelanggan yakni menggunakan kuesioner dan membandingkan skor harapan dengan skor persepsi pelanggan terhadap kenyataan pelayanan yang diterima. Kepuasan pelanggan diukur menggunakan variabel berbasis Prinsip 4K (kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan). Dari hasil analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap variabel penelitian menunjukan mayoritas persentase tingkat kepuasan berada pada kategori rentang 68% - 83% yang masuk kedalam kategori Puas.

Item Type: Article
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: Haudi Hasaya
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:14
Last Modified: 04 Jul 2025 07:14
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/35041

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year