Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mangundjaya, Wustari L (2025) Strategi Penguatan Soft Skill dan Mindset Proaktif Gen Z Dalam Menghadapi Dunia Kerja. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 22 (3). pp. 71-80. ISSN 3025-9495

This is the latest version of this item.

[img] Text
DIALIA.pdf

Download (499kB)
Official URL: https://ejournal.cahayailmubangsa.institute/index....

Abstract

Perubahan besar dalam struktur dunia kerja akibat digitalisasi dan disrupsi teknologi telah menuntut generasi muda, khususnya Generasi Z, untuk memiliki tidak hanya keterampilan teknis, tetapi juga soft skills dan mindset proaktif yang adaptif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi penguatan soft skill dan mindset proaktif bagi Gen Z dalam konteks dunia kerja kontemporer. Penulisan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis kajian pustaka dan analisis konten dari sumber jurnal ilmiah, laporan institusi global, dan hasil penelitian mutakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan berbasis experiential learning, integrasi coaching dan mentoring, serta pendekatan teknologi interaktif terbukti efektif dalam membentuk keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan ketahanan kerja. Studi kasus dari program Digital Talent Scholarship KOMINFO dan data sekunder dari World Economic Forum serta Deloitte menguatkan bahwa pelatihan yang kontekstual, partisipatif, dan berbasis nilai personal memberikan dampak signifikan terhadap kesiapan kerja Gen Z. Lima temuan konseptual utama meliputi pembelajaran berbasis pengalaman, mentoring reflektif, teknologi sebagai media adaptif, pendekatan kontekstual berbasis kerja nyata, serta evaluasi formatif partisipatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: soft skill, mindset proaktif, pelatihan generasi Z
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 24 Oct 2025 07:15
Last Modified: 24 Oct 2025 07:15
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/36636

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year