"Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia"

Titis Nurwulan, S.Sos,M.I.Kom, Titis Nurwulan and Ratna Puspita, S.Sos., M.Si, Ratna Puspita (2020) "Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia". Jurnal Ilmu Komunikasi Persepsi dan Ekspresi, 3 (2). pp. 57-71. ISSN 26560-50x

[img] Text
GABUNGAN JURNA MOBILE PHONE JOURNALISM.pdf

Download (856kB)

Abstract

Artikel ini membahas mengenai tantangan jurnalis pada era mobile phone atau telepon seluler dan media sosial. Penulis berargumen, perubahan dan tantangan tidak hanya menyentuh organisasi media massa, kerja jurnalis, berita dan khalayak, namun hingga kepada ke tatanan nilai-nilai dan etika. Dengan melakukan kajian literatur dari penelitian-penelitian sebelumnya terkait perkembangan jurnalisme di Indonesia, penulis menyimpulkan media sosial tidak hanya berfungsi untuk medium promosi, melainkan medium menyampaikan berita pada era digital. Jurnalisme juga mengembangkan multimedia yang merujuk pada teknik presentasi atau penyajian berita yang memfokuskan pada tulisan dan gambar visual, baik bergerak maupun diam. Dengan melakukan kajian literatur dari penelitian-penelitian sebelumnya terkait perkembangan jurnalisme di Indonesia, penulis ingin memetakan seperti apa perubahan- perubahan yang dialami jurnalisme online di Indonesia di tengah konsumsi seluler dan media sosial menyertakan tantangan-tantangan yang dialami jurnalisme online di Indonesia. Penggunaan perangkat mobile seperti telepon selular telah mendorong perubahan pada wajah jurnalisme di Indonesia. Sekarang ini, jurnalisme online di Indonesia berkembang pada konten multimedia dan multiplatform dengan media sosial sebagai penyebarannya. Praktik jurnalisme online sejak media 1990-an hingga sekarang telah mengalami perubahan yang berimbas tidak hanya pada konten berita, melainkan juga pada organisasi media, jurnalis, kode etik, termasuk adanya praktik di mana organisasi non-media memproduksi tulisan dalam kemasan ‘jurnalisme’ untuk tujuan branding dan pemasaran

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: 70201
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Titis Nurwulan, S.Sos,M.I.Kom, Titis Nurwulan00415090006
Ratna Puspita, S.Sos., M.Si, Ratna Puspita041606035
Depositing User: Titis Nurwulan Suciati
Date Deposited: 16 Aug 2020 06:42
Last Modified: 16 Aug 2020 06:42
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item