Konstruksi Makna Iklan Aqua Edisi "Aqua Life" #BijakBerplastik, Inovasi pertama di Indonesia

Sitanggang, Asima Oktavia (2020) Konstruksi Makna Iklan Aqua Edisi "Aqua Life" #BijakBerplastik, Inovasi pertama di Indonesia. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01 (06). pp. 55-71. ISSN 2686-5661

[img] Text
75-Article Text-169-1-10-20200126.pdf

Download (236kB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang berusaha mengonstruksikejadian dalam masyarakat dan nilai budaya di dalamnya menjadi suatu bentuk berdasarkan tema, citra dan makna simbolik tertentu. AQUA LIFE #BijakBerplastik, berusaha menggerakkan konsumennya untuk turut dalam kampanye yang diluncurkan mereka sejak 5Juni 2018 sehubungan dengan pengurangan sampah plastik dengan mengggunakan plastik daur ulang pada kemasan Aqua 100% daur ulang. Dengan menggunakan metode analisa semiotika Roland Barthes, penulis menemukan beberapa konstruksi makna AQUA LIFE #BijakBerplastik berdurasi 60 detik ini. Iklan ini tidak hanya mengajak konsumennya untuk berkontribusi meneruskan kebaikan bagi bumi dengan mengurangi sampah plastik tapi juga memperkuat konstruksi strategi branding-nya yang tercermin dalam dua mitos utama: (1) consistency Aqua dalam memberi pelayanan dan membangun kesetiaan pelanggan; (2) brand personality Aqua yang murni, berkomitmen dan peduli akan lingkungan. Kata kunci: tanda; iklan; semiotika Roland Barthes; kontruksi makna.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: 70201
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sitanggang, Asima Oktavia0307108503
Depositing User: Asima Oktavia Sitanggang
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:12
Last Modified: 31 Aug 2020 07:12
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item