Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Ubharajaya Repository

Kajian Kriminologi Terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Bunie, Bunie (2016) Kajian Kriminologi Terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Isi)
201320251032_Bunie_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201320251032_Bunie_BAB I.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201320251032_Bunie_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201320251032_Bunie_BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201320251032_Bunie_Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201320251032_Bunie_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)

Abstract

Tindak kekerasan terhadap perempuan cenderung meningkat dan membawa dampak yang sangat serius seperti kekerasan seksual, tindak perkosaan, dan pelecehan seksual. Kekerasan tersebut dipahami sebagai kekerasan yang berbasis gender atau gender violence. Konsep ini sejatinya mengacu pada posisi subordinasi perempuan karena relasi keduanya mencerminkan powerless dan powerful, dengan kata lain, terdapat ketimpangan kekuasaan antara perempuan dan laki-laki. Kekerasan terhadap perempuan terus berlanjut baik di sektor domestik maupun publik. Tidak tertutup kemungkinan adanya dark number, walaupun pemerintah telah menjamin hak perempuan dalam berbagai produk hukum. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga? (2) Bagaimanakah cara mencegah dan menanggulangi kekerasan dalam rumah tangga dikaji dari aspek kriminologi? Penelitian dalam tesis ini menggunakan legal research (yuridis normatif), dalam tipe ini penelitian menitikberatkan pada pengkajian kaidah-kaidah atau norma dalam hukum positif, sistem peradilan pidana di Indonesia, yaitu : a) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, b) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, c) Undang-Undang Republik Indonesia No.23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dan d) Undang-Undang Republik Indonesia No. 7 Tahun 1984 Tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Wanita. Faktor–Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga disebabkan antara lain karena Faktor budaya dan adat istiadat masyarakat, Rendahnya pengetahuan, pemahaman dan kesadaran terhadap kesetaraan dan keadilan gender, Lemahnya pelaksanaan penegakan hukum di Indonesia, Penafsiran/interpretasi ajaran agama yang kurang tepat, Kemiskinan, kebodohan, pengangguran, dan keterbelakangan, Semakin langkanya tokoh panutan yang menjadi teladan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Banyaknya tayangan di media sosial maupun media massa (terutama televisi) yang menampilkan berita atau video (film dan sinetron) tentang tindakan kekerasan; Untuk mengefektifkan pencegahan dan penanggulangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, maka Pemerintah hendaknya mempercepat pembangunan baik di bidang pendidikan, ekonomi, dan sektor lainnya secara merata di seluruh penjuru negara, lebih mengefektifkan tindakan pencegahan/penanggulangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan melibatkan segenap unsur dalam masyarakat dan melakukan penegakan hukum dengan memberikan hukuman maksimal terhadap pelaku tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Prof. I Made Widnyana, SH., MH, Pembimbing II: Prof. Koesparmono Irsan, SIK., SH., MBA., MM
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Pascasarjana (S2) > Magister Hukum
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:45
Last Modified: 31 Aug 2017 02:45
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item