ANALISIS NETRALITAS MEDIA TELEVISI DALAM DEBAT PILPRES 2019

Dinar Soelistyowati, Dinar (2019) ANALISIS NETRALITAS MEDIA TELEVISI DALAM DEBAT PILPRES 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB, 4 (2). pp. 113-142.

[img] Text (Volume 4, Nomor 2, Oktober 2019)
Volume 4, Nomor 2, Oktober 2019.pdf - Published Version

Download (488kB)

Abstract

Komunikasi di masa yang dinamis ini menuntut kita untuk bersikap kritis dalam menanggapi setiap pembicaraan. Bersamaan dengan hal tersebut, sikap kritis dalam berkomunikasi diperlukan hampir di semua tingkat, mulai dari tingkat intrapersonal hingga tingkat organisasi, juga di bidang sosial, tak terkecuali di bidang politik seperti Pemilu 2019 dan Debat Pilpres 2019. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis upaya stasiun televisi dalam mengutamakan prinsip netralitas ketika menyiarkan berita terkait seputar Debat Pilpres 2019 serta menganalisis sikap dan pemikiran kritis masyarakat dalam menyikapi pemberitaan yang muncul terkait dengan Debat Pilpres 2019. Bahasan dalam penelitian ini mencakup situasi euforia Debat Pilpres 2019, bagaimana stasiun televisi menerapkan prisnsip netralitasnya dalam menyiarkan Debat Pilpres 2019, bagaimana Debat Pilpres diinterpretasikan ke dalam penyiaran dengan cara yang netral dan tidak netral, serta sikap dan antisipasi masyarakat terhadap bentuk pemberitaan Debat Pilpres yang anti-netral. Penelitian ini bersifat kualitatif yang menggunakan paduan teori tanggung jawab sosial media dengan teori framing untuk menganalisis keterlibatan televisi selaku media komunikasi politik dalam memberikan interpretasinya mengenai Debat Pilpres 2019 kepada masyarakat, terlepas apakah informasi tersebut disiarkan dengan cara yang mengedepankan asas netralitas atau tidak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penyiaran televisi yang didasarkan atas netralitas dengan yang anti-netral mampu memberikan ragam pemahaman dari masyarakat sehingga untuk menginterpretasikan pemahaman tersebut, dibutuhkan identifikasi yang mendalam dan menyeluruh agar mampu menganalisis makna dari informasi tersebut sehingga menciptakan prediksi yang baik bagi masyarakat demi perkembangan negara pada lima tahun berikutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Netralitas Media, Televisi, Debat Pilpres 2019
Subjects: Umum > Jurnal
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: 70201
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dinar Soelistyowati, Dinar0323127802
Depositing User: Dinar Soelistyowati
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:54
Last Modified: 02 Sep 2020 07:54
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item