Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Ubharajaya Repository

Tinjauan Kriminalogis Tentang Pencurian Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang)

Ronaldo, Aprilian Putra (2016) Tinjauan Kriminalogis Tentang Pencurian Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang). Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
201320252051_Ronaldo Aprilian_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201320252051_Ronaldo Aprilian_BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201320252051_Ronaldo Aprilian_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB V)
201320252051_Ronaldo Aprilian_BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201320252051_Ronaldo Aprilian_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Lampiran)
201320252051_Ronaldo Aprilian_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

Pencurian adalah salah satu jenis kejahatan terhadap kekayaan manusia yang diatur dalam Bab XXII Buku II Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan merupakan masalah yang tak habis-habisnya. Pencurian sudah merajalela dikalangan masyarakat, baik di desa, di kota, maupun di negara lain. Kejahatan pencurian kendaraan bermotor juga terkait dengan Pasal 363 KUHP. Jika dalam kasusnya pelaku telah memenuhi unsur-unsur Pasal 363 KUHP tersebut. Salah satu contoh yang sering banyak terjadi adalah pelaku menggunakan kunci palsu atau kunci letter T. Apabila dalam melakukan aksinya, pelaku menggunakan kekerasan terhadap korbannya dengan maksud mempersiapkan atau mempermudahkan pencurian atau jika kepergok supaya ada kesempatan bagi diri sendiri atau peserta lain dalam kejahatan itu untuk melarikan diri atau supaya barang yang dicurinya tetap tinggal bersama. Dalam hal ini pelaku telah memenuhi unsur Pasal 365 KUHP. Masalah pencurian kendaraan bermotor merupakan jenis kejahatan yang selalu menimbulkan gangguan dan ketertiban masyarakat. Kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang sering disebut curanmor ini merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan diatur dalam KUHP. Obyek kejahatan curanmor adalah kendaraan bermotor itu sendiri. Kendaraan bermotor yang paling sering menjadi sasaran kejahatan curanmor roda dua yaitu sepeda motor dan kendaraan bermotor roda empat yaitu mobil pribadi. Kejahatan curanmor sebagai tindak pidana yang diatur dalam KUHP tidak hanya terkait dengan Pasal pencurian saja dalam KUHP. Kejahatan curanmor juga memiliki keterkaitan dengan Pasal tindak pidana penadahan. Apabila dikaitkan dengan unsur Pasal 362 KUHP maka kejahatan curanmor adalah perbuatan pelaku kejahatan dengan mengambil suatu barang berupa kendaraan bermotor yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain dengan maksud untuk memiliki kendaraan bermotor tersebut secara melawan hukum dan rumusan permasalahan yag diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Apakah yang menjadi faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan pencurian kendaraan bermotor dan Bagaimanakah upaya penanggulangan dan pencegahan kejahatan pencurian kendaraan bermotor oleh aparat penegak hukum. Data yang diperoleh dengan cara studi pustaka atau dari literatur- literatur. yang. Meliputi : 1).Bahan hukum primer, yaitu bahan yang mempunyai kekuatan mengikat berupa : a) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, b) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, c)Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI. 2).Bahan hukum sekunder, yaitu berupa Buku-buku, dokumen, karya ilmiah, hasil penelitian, hasil seminar atau lokakarya menyangkut tindak pidana pencurian kendaraan bermotor serta semua buku atau data tersurat yang penulis anggap dapat menunjang dalam proses pengkajian. Kata Kunci : Tinjauan Kriminologi Terhadap Pencurian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: I. Prof. Koespa mono lrsan, SIK., SH ., MBA., MM, Pembimbing II: Dr. Made Darma Weda SH., MS.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PASCA SARJANA (S2) > Magister Hukum
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:48
Last Modified: 31 Aug 2017 02:48
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item