KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM VIRTUAL COMMUNITY

Wa Ode Sitti Nurhaliza, Wa Ode and Nurul Fauziah, Nurul KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM VIRTUAL COMMUNITY. Jurnal Komunida.

[img] Text (WaOde_Publikasi Artikel)
ServiceLogin_service=wise&passive=1209600&continue=https_%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1M9uwUt9_KhJP980ZBxPVdMQr8-Yc7Dmu%2Fview_usp%3Dsharing&followup=https_%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1M9uwUt9_KhJP980ZBxPVdMQr8-Yc7Dmu%2Fv

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi kelompok dalam virtual community (komunitas virtual) yang ditinjau dari perspektif bisnis, kesehatan dan pengembangan karir-linkedIn. Menggunakan metode literature review melalui pencarian literatur baik dari buku maupun jurnal-jurnal internasional dan nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas virtual terbentuk dan berkembang melalui Computer Mediated Communication (CMC) di berbagai platform. Komunitas virtual hadir dan berkembang yang dilatarbelakangi oleh indivdu-individu memiliki tujuan yang sama. Individu-individu yang mengikat dirinya untuk masuk dan bertukar gagasan, informasi dalam komunitas virtual dikarenakan ada persamaan motif dan tujuan yang hendak dicapai. Beberapa persamaan dan perbedaan ditemui yang mengikat individu-individu untuk bergabung dalam komunitas virtual ditinjau dari perspektif bisnis, kesehatan dan pengembangan karir-linkedIn. Kepercayaan dan keamanan merupakan kunci utama individu tergabung dalam komunikasi virtual diberbagai bidang. Selain itu, dalam perpektif bisnis, kegunaan komunitas, lingkungan sosial virtual yang kondusif menjadi faktor individu tergabung dalam perdangangan online. Selanjutnya konteks kesehatan, kemudahan dalam mengakses informasi kesehatan selain kepercayaan dan keamanan data pengguna menjadi dasar orang tertarik masuk dalam komunitas. Terakhir, konteks pengembangan karirlinkedIn, individu mengikat diri masuk dalam komunitas dikarenakan platform ini memiliki kelebihan dalam membentuk modal jaringan sosial, modal pengentahuan hingga membentuk ikatan pertemanan. Komunitas virtual dalam berbagai platform tersebut (bisnis, kesehatan dan karir) terus berkembang dan semakin banyak dimintai oleh pengguna.

Item Type: Article
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: 70201
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wa Ode Sitti Nurhaliza, Wa Ode0302069106
Nurul Fauziah, Nurul0321048302
Depositing User: Wa Ode Sitti Nurhaliza
Date Deposited: 07 Sep 2020 07:53
Last Modified: 07 Sep 2020 07:53
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item