PEMBUATAN MESIN PELONTAR BOLA (PENBAL) ALAT BANTU PEMBELAJARAN DAN LATIHAN OLAHRAGA BOLAVOLI

candra, juli (2019) PEMBUATAN MESIN PELONTAR BOLA (PENBAL) ALAT BANTU PEMBELAJARAN DAN LATIHAN OLAHRAGA BOLAVOLI. Jurna Prestasi, 3 (6). pp. 73-79. ISSN 2549-9394

[img] Text
Jurnal Juli Candra Hibah dikti 2019.pdf

Download (206kB)

Abstract

Abstrak: Seluruh ranah kehidupan manusia pada saat ini tidak terlepaskan dari kemajuan teknologi sehingga berdampak juga pada dunia olahraga dengan memberikan sebuah kontribusi dalam peningkatan prestasi atlet dalam mencapai prestasi puncak yang tidak terlepas dari sarana prasarana yang terus berkembang mengunakan teknologi terbaru yang sangat membantu atlet dalam peningkatan kemampuan fisik, teknik, taktik dan mental. Teknologi mampu membuat atlet lebih mandiri dalam melaksanakan latihan sehingga kemapuan indifidu serta potensi yang dimiliki dalam penguasaan suatu cabang olahraga dapat dikembangkan dengan baik sampai pada penguasaan teknik yang baik dan benar dalam kemampuan teknik otomatisasi gerakan. Di dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti telah membuat sebuat terobosan dalam teknologi terhadap pengembanggan teknik olahraga bola voli, pada teknik smash. Peneliti membuat sebuah mesin pelontar bola yang dinamakan dengan Penbal. Alat ini mampu meningkatkan kemampuan teknik smash pada atlet bola voli. Melalui metode penelitian R & D yang dikembangkan oleh Borg dan Gall, peneliti mampu menciptakan sebuah alat bantu latihan yang efektif dan efisien dalam peningkatan kemampuan teknik atlet bola voli supaya dapat melakukan latihan smash secara mandiri dalam memperbaiki teknik smash yang lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: Umum > Jurnal
Umum > Penelitian
Divisions: Jurnal Karya Ilmiah
KODE PRODI: PKO
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
candra, juli0309079201
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
Authorcandra, juli0309079201
Depositing User: Juli Candra
Date Deposited: 08 Sep 2020 06:41
Last Modified: 08 Sep 2020 06:41
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/5218

Actions (login required)

View Item View Item