Pengaruh Media Gim Daring Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) Terhadap Perilaku Komunikasi Antarpribadi Remaja di SMK Informatika Bina Generasi Bogor

Metha Madonna, S.Sos, M.I.Kom, Metha Madonna and Hani Astuti, S.Sos, M.I.Kom, Hani Astuti and Hadi Rukmana, Hadi Rukmana (2020) Pengaruh Media Gim Daring Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) Terhadap Perilaku Komunikasi Antarpribadi Remaja di SMK Informatika Bina Generasi Bogor. In: Digitalisasi Komunikasi dalam Jejaring Media Interaktif. Ubhara Jaya Press, pp. 19-30. ISBN 978-979-9233-90-5

[img] Text (Digitalisasi Komunikasi dalam Jejaring Media Interaktif)
19-30.pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh media gim dalam jaringan (daring/game online) PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) terhadap perilaku komunikasi antarpribadi remaja di SMK Informatika Bina Generasi Bogor. Pengaruh yang diteliti terdiri dari komponen kognitif, afektif, dan komponen konatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 232 orang, peneliti memilih remaja untuk mendapati sampel dengan menentukan kriteria yaitu remaja yang bermain gim daring (game online) PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) sebanyak 147 orang. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan uji regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel media gim daring terhadap variabel perilaku komunikasi antarpribadi, dapat dikemukakan bahwa indikator-indikator pada media gim daring berpengaruh terhadap komponen sikap yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan aspek konatif. Dari data yang telah dianalisis juga dapat dikemukakan, media gim daring secara signifikansi mempengaruhi semua indikator perilaku komunikasi antarpribadi yang terdiri dari komponen kognitif, afektif, dan konatif. Dari hasil uji koefisien determinasi didapati pengaruh media vlog terhadap perilaku komunikasi antarpribadi sebesar 34,2%, sedangkan sisanya sebesar 65,8% perubahan aspek kognitif, afektif dan konatif remaja dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Baru, Gim Daring, Game Online, Komunikasi Antarpribadi, Perilaku Remaja

Item Type: Book Section
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
KODE PRODI: KODEPRODI70201#Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Metha Madonna, S.Sos, M.I.Kom, Metha Madonna041407023
Hani Astuti, S.Sos, M.I.Kom, Hani Astuti041310016
Hadi Rukmana, Hadi RukmanaUNSPECIFIED
Depositing User: Fakultas Ilmu Komunikasi UBJ
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:32
Last Modified: 15 Sep 2020 01:32
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item