Aplikasi Untuk Mendeteksi Penyakit pada Masa Kehamilan Menggunakan Pendekatan Sistem Pakar dengan Metode Forward Chaining

Dita, Ardianti (2016) Aplikasi Untuk Mendeteksi Penyakit pada Masa Kehamilan Menggunakan Pendekatan Sistem Pakar dengan Metode Forward Chaining. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Isi)
201210225195_Dita Ardianti_Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201210225195_Dita Ardianti_BAB I.pdf

Download (930kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201210225195_Dita Ardianti_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201210225195_Dita Ardianti_BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201210225195_Dita Ardianti_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201210225195_Dita Ardianti_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

Pada masa kehamilan, ibu hamil pada umumnya mengalami berbagai macam gangguan yang bersifat ringan maupun berat. Gangguan pada kehamilan dapat menyebabkan kematian pada ibu dan janin. Penyebab kematian ibu saat hamil yaitu pendarahan, hipertensi, infeksi, partus lama, abortus dan lain-lain. Tingginya angka kematian ibu karena minimnya informasi pada ibu hamil mengenai gejala-gejala penyakit yang muncul pada masa kehamilan dan bahaya dari kehamilan resiko tinggi. Ibu hamil yang ingin mendapatkan informasi seputar kehamilan serta mengetahui gejala-gejala penyakit pada masa kehamilan diharuskan datang ke rumah sakit atau klinik. Tidak sedikit ibu hamil terlambat melakukan pemeriksaan kandungan dikarenakan waktu dan biaya. Dibutuhkan aplikasi yang secara langsung dapat memberikan informasi, pengetahuan serta solusi dalam mendeteksi penyakit pada masa kehamilan. Sistem pakar adalah sebuah aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah-masalah dengan menggunakan komputer dan model penalaran manusia dan mencapai kesimpulan yang sama dengan yang dicapai oleh seorang pakar jika berhadapan langsung dengan sebuah masalah yang di hadapi. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi sistem pakar ini menggunakan metode inferensi forward chaining (teknik pelacakan kedepan) dengan memulai dari informasi atau fakta-fakta dengan menggabungkan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Metode penelitian yang digunakan dengan metode wawancara dan kuisioner untuk mendapatkan data yang lengkap dan benar. Sistem pakar ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Perancangan aplikasi sistem pakar deteksi penyakit pada masa kehamilan ini memberikan kemudahan dalam proses deteksi penyakit pada masa kehamilan, dengan user memilih gejala-gejala yang dialami dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan diketahui hasil akhir atau solusi yang dapat diberikan sistem. Hasil analisis sistem yang telah dibuat, menghasilkan informasi berupa informasi seputar kehamilan serta gejala-gejala penyakit pada masa kehamilan. Aplikasi sistem pakar ini dapat memberikan kemudahan dalam mendeteksi penyakit dan penanganan terhadap ibu hamil yang menderita penyakit pada masa kehamilan. Untuk pengembangan selanjutnya aplikasi sistem pakar ini dibuat dengan cakupan pembahasan penyakit yang lebih banyak lagi. Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, PHP, My SQL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Hendarman Lubis S.Kom.,M.Kom., Pembimbing II : Dwi Budi Srisulistiowati S.Kom.,MM.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer > Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data
Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer > Pemrograman untuk Bahasa Pemrograman Tertentu
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Doni Alfianthoro
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:45
Last Modified: 19 Sep 2017 02:45
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item