STRATEGI PEMASARAN BISNIS PARIWISATA PROVINSI SULAWESI UTARA DI PERBATASAN INDONESIA DAN FILIPINA

Soehardi, Soehardi (2019) STRATEGI PEMASARAN BISNIS PARIWISATA PROVINSI SULAWESI UTARA DI PERBATASAN INDONESIA DAN FILIPINA. Prosiding Seminar Akuntansi Manajemen dan Ekonomi 1, 1 (1). p. 96.

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN BISNIS PARIWISATA PROVINSI SULAWESI UTARA DI PERBATASAN INDONESIA DAN FILIPINA OLEH SOEHARDI 1.pdf

Download (500kB)
Official URL: https://goodwoodpub.com/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal dari strategi pemasaran bisnis pariwisata Provinsi Sulawesi Utara di Perbatasan Indonesia dan Filipina. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota travel and tour Provinsi Sulawesi Utara dengan menggunakan simple random sampling. Wawancara dengan kuesioner, observasi lapangan dan dokumentasi sebagai data primer. Data sekunder bersumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Kantor Imigrasi kelas II Bitung, Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies. Berdasarkan hasil penelitian dengan Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) Analysis, Internal Factors Analysis Summary (IFAS) dan External Factor Analysis Summary (EFAS) menunjukkan bahwa strategi pemasaran bisnis pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, berada pada posisi Kuadran Pertama yang terletak antara peluang eksternal dan kekuatan internal di mana hasil analisis diperoleh skor total IFAS adalah 2,88 dan EFAS adalah 2,63. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran bisnis pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dengan icon “Taman Nasional Bunaken” sebagai tempat “foreign drama films,” kebijakan pemerintah dan international and national events menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik dan asing. Strategi pemasaran bisnis pariwisata ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan asing (WN Tiongkok, Filipina dan Belanda) ke Provinsi Sulawesi Utara sehingga berdampak positif multiple effect semakin bertambahnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM), meningkatnya pendapatan bisnis pariwisata, masyarakat dan APBD Provinsi Sulawesi Utara. Strategi pemasaran bisnis pariwisata tetap mempertahankan pelestarian alam wisata bahari dan terus melengkapi infrastruktur Bandara Internasional Sam Ratulangi dan Bandara Naha, Pelabuhan Internasional Bitung dan Pelabuhan Tahuna.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Soehardi, Soehardi0311096604
Depositing User: Soehardi
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:43
Last Modified: 24 Feb 2021 02:43
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item View Item