Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Arumi, Mira Sekar and Hutapea, Renita (2018) Pengaruh Inteligensi dan Need of Achievement terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Kresna Bina Insan Prima, Kresna Bina Insan Prima.

[img] Text (Peer review)
Pengaruh Inteligensi dan Need of Achievement.pdf - Other

Download (904kB)
Official URL: https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jm...

Abstract

Individu akan berhasil dalam belajar, jika ada keinginan di dalam dirinya. Keinginan atau dorongan inilah yang disebut dengan motivasi. Tanpa motivasi individu tidak akan mengerti apa yang akan dipelajari dan tidak memahami mengapa hal tersebut perlu untuk di pelajari, dan tanpa motivasi kegiatan belajar mengajar menjadi sulit untuk berhasil. Dari keenam faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar dari Dimyati dan Mudjiono (2013), dua diantaranya adalah cita-cita, serta kemampuan siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intelegensi mahasiswa, dan motivasi berprestasi (need of achievement) terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji dan interpretasi data, didapatkan hasil bahwa intelegensi dan need of achievement, masing-masing memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Sementara itu, dari variabel intelegensi dan need of achievement juga memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel motivasi belajarsecara signifikan. Kata Kunci : motivasi belajar, intelegensi, need of achievement, mahasiswa psikologi

Item Type: Other
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mira Sekar
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:37
Last Modified: 05 Mar 2021 07:37
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year