Kekuatan Pembuktian Keterangan Ahli dalam Proses Pemeriksaan Perkara Tindak Pidana pada Sidang Pengadilan (Analisis Putusan Nomor: 669/Pid.B/2014/PN.Tangerang)

Rian, Ferdian (2015) Kekuatan Pembuktian Keterangan Ahli dalam Proses Pemeriksaan Perkara Tindak Pidana pada Sidang Pengadilan (Analisis Putusan Nomor: 669/Pid.B/2014/PN.Tangerang). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta raya.

[img]
Preview
Text (Cover-Daftar Isi)
201110115168_Rian Ferdian_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201110115168_Rian Ferdian_BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201110115168_Rian Ferdian_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201110115168_Rian Ferdian_BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201110115168_Rian Ferdian_Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201110115168_Rian Ferdian_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Kekuatan Pembuktian, Tindak Pidana, Keterangan Ahli. Putusan hakim merupakan puncak dari peradilan yang memberikan dampak kepada pihak yang berperkara ataupun pencari keadilan. Seorang hakim dalam memutus sebuah perkara mempertimbangkan layak atau tidaknya terdakwa dijatuhi pidana oleh seorang hakim didasarkan oleh keyakinan hakim dan sekurangkurangnya terdapat 2 (dua) alat bukti yang sah, ketentuan ini terdapat dalam Pasal 183 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Dalam pasal tersebut tidak hanya hakim dan keyakinannya yang berperan dalam persidangan, namun juga adanya alat bukti untuk menggali peranan keterangan ahli dalam proses pembuktian perkara tindak pidana pembunuhan Pokok (Doodslag) berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Bagaimana pertimbangan hukum Hakim menjatuhkan putusan (Studi Kasus No. 669/Pid.B/2014/PN.Tng)? Untuk meneliti hal tersebut penulis menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif dan menggunakan pendekatan perundang-undangan dengan mengacu kepada aturan hukum yang berlaku serta penerapan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Antara unsur subyektif sengaja dengan wujud perbuatan menghilangkan terdapat syarat yang juga harus dibuktikan, ialah pelaksanaan perbuatan menghilangkan nyawa (orang lain) harus tidak lama setelah timbulnya kehendak (niat) untuk menghilangkan nyawa orang lain itu. Penerapan ketentuan pidana materiil oleh Jaksa penuntut umum dan hakim dalam perkara anak Nomor 669/Pid.B/2014/PN.TNG. Berdasarkan hasil penyidikan dan keterangan saksi serta pengakuan dari terdakwa adalah Pasal 338 KUHP Jo Pasal 55 (1) KUHP yang mengatur tentang pembunuhan yang dilakukan secara bersama-sama. Dalam perkara ini, terdakwa dinyatakan bersalah menurut hukum dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya serta harus dijatuhi pidana yang setimpal dengan perbuatan terdakwa, tidak ada hal–hal yang dapat melepaskan terdakwa dari pertanggungjawaban pidana, baik sebagai alasan pembenar maupun alasan pemaaf. Kekuatan alat bukti keterangan ahli dalam tindak pidana pembunuhan Nomor 669/Pid.B/2014/PN.TNG berdasarkan hasil penyidikan dan keterangan saksi serta pengakuan dari terdakwa merupakan alat bukti yang sah, karena memenuhi syarat formil dan syarat materiil. Dasar pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan dengan Nomor 669/Pid.B/2014/PN.TNG tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Pasal 338 Kitab Undang-undang Hukum Pidana didalam Pasal tersebut menyebutkan hukuman lima belas tahun penjara. Dalam menjatuhkan putusan pertimbangan yang memberatkan terdakwa adalah perbuatannya dilakukan secara sadis dan dilakukan terhadap teman sendiri, sedangkan yang meringankan adalah terdakwa berterus-terang dan menyesali perbuatannya, terdakwa belum pernah dihukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing Materi: A. Azis Muhammad, SH., MH., Pembimbing Teknis: Gatot Efrianto, SH., MH.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Doni Alfianthoro
Date Deposited: 22 Jun 2018 03:04
Last Modified: 22 Jun 2018 03:04
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item