Penerapan Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang Terhadap Laba Pada PT. Royal Sutan Agung (Periode 2013-2015).

Gessy, Nurazizah (2017) Penerapan Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang Terhadap Laba Pada PT. Royal Sutan Agung (Periode 2013-2015). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover-Daftar Isi)
201310315025_Gessy_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201310315025_Gessy_BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201310315025_Gessy_BAB II, II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201310315025_Gessy_BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
201310315025_Gessy_Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201310315025_Gessy_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Persediaan merupakan suatu elemen yang penting bagi perusahaan baik perusahaan dagang, industri maupun dagang. Tanpa adanya persediaan, aktivitas operasi bisnis tidak berjalan lancar. Persediaan umumnya harus mendapat perhatian khusus karena rentan akan kerusakan dan pencurian. Oleh karena itu, harus dilakukan pengendalian internal yang baik untuk menjaga persediaan dari hal-hal yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengendalian internal persediaan terhadap laba pada PT Royal Sutan Agung berdasarkan analisis laporan keuangan pada tahun 2013 – 2015 dan gambaran mengenai pengendalian internal yang terdapat pada PT. Royal Sutan Agung. Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi perusahaan untuk digunakan sebagai acuan serta bahan pertimbangan dalam mengembangkan usaha, serta dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan saat ini dan masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode analistis data yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode yang menguraikan suatu masalah yang berlangsung dengan pengumpulan data, mengelola data, menganalisa data dan mengambil kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengendalian internal persediaan pada PT. Royal Sutan Agung cukup baik, dimana setiap proses pengeluaran dan penerimaan barang harus diotoritasi terlebih dahulu dan standar operasional prosedur telah dilaksanakan dengan baik. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu diadakan pemeriksaan fisik (stock opname) secara berkala minimal sebulan sekali dan pembuatan kartu stock sesuai standar yang ada agar pengendalian bisa terjaga serta dibutuhkan audit internal untuk memantau kondisi perusahaan. Perusahaan juga harus memperkecil harga pokok penjualan agar laba yang didapat maksimal dengan menekan biaya-biaya pada proses pembelian import. Kata kunci : Sistem Pengendalian Internal, Persediaan Barang Dagang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Doddy Kurniawan, SE., M.Si, Pembimbing II: Maidani, SE., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Gessy, NurazizahUNSPECIFIED
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2018 03:29
Last Modified: 22 Jun 2018 03:29
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item