Analisis Yuridis Pemberian Hak Atas Tanah Terhadap Tanah Hak Pakai Nomor 3/Gununggeulis Yang Telah Berakhir Jangka Waktunya

Dwi, Aris Feddyawan (2016) Analisis Yuridis Pemberian Hak Atas Tanah Terhadap Tanah Hak Pakai Nomor 3/Gununggeulis Yang Telah Berakhir Jangka Waktunya. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover-Daftar Isi)
201210117021_Dwi Aris Feddyawan_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
201210117021_Dwi Aris Feddyawan_BAB I.pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text (BAB II, III, IV)
201210117021_Dwi Aris Feddyawan_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
201210117021_Dwi Aris Feddyawan_BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201210117021_Dwi Aris Feddyawan_Daftar Pustaka.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201210117021_Dwi Aris Feddyawan_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Hak Pakai, Tanah Negara, Pemberian Hak Atas Tanah. Bahwa yang menjadi pokok permasalahan adalah penguasaan secara fisik oleh penggarap pada tanah hak pakai nomor 3/Gununggeulis yang telah berakhir jangka waktunya, dengan jangka waktu 25 tahun. Selanjutnya oleh penggarap tanah garapan tersebut telah dioper alihkan kepada pihak Komjen (Purn) H. Sjachroedin ZP, S.H. dkk dan telah dibangun tembok permanen yang di dalamnya terdapat sebuah villa, sarana olah raga, kandang hewan dan tanaman palawija. Atas dasar penguasaan secara fisik tersebut, pihak Komjen (Purn) H. Sjachroedin ZP, S.H. dkk mengajukan permohonan hak atas tanah yang dikuasai, sementara di satu sisi bekas pemegang hak pakai nomor 3/Gununggeluis mengajukan permohonan perpanjangan hak atas tanahnya. Jadi dalam satu lokasi dan alas hak yaitu tanah hak pakai nomor 3/Gununggeulis bersama-sama dimohonkan hak atas tanahnya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji dan mengetahui siapakah pihak yang lebih diutamakan untuk dapat memohon hak di atas tanah hak pakai nomor 3/Gununggeulis yang telah berakhir jangka waktunya (2) Untuk mengetahui bagaimana mekanisme pemberian hak atas tanah pada tanah hak pakai nomor 3/Gununggeulis yang telah berakhir jangka waktunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan kajian pustaka. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data secara kualitatif yang selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak dapat diberikannya perpanjangan hak atas tanah hak pakai nomor 3/Gununggeulis kepada bekas pemegang hak dan tidak pula dapat diberikan pemberian hak atas tanah kepada pihak yang telah menguasai dan mengusahakan tanah hak pakai nomor 3/Gununggeulis. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa atas dasar bukti kepemilikan dan penguasaan Komjen (Purn) H. Sjachroedin ZP, S.H. dkk, maka mereka adalah sebagai pihak yang diutamakan dalam pemberian hak atas tanah bekas hak pakai nomor 3/Gununggeulis, selanjutnya permohonan haknya dapat dipertimbangkan. Saran dari Penulis agar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat dapat memproses lebih lanjut permohonan hak atas tanah yang sedang diajukan oleh Komjen (Purn) H. Sjachroedin ZP, S.H. dkk sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku. Selanjutnya permohonan perpanjangan atau keberatan dari bekas pemegang hak pakai nomor 3/Gununggeulis seyogyanya diberitahukan secara tertulis bahwa permohonannya tidak dapat ditindaklanjuti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: H.M. Faal, S.H., M.H. D.Es., Pembimbing II: A.A. Bagus Made Agastiya, S.E. M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Ludfia
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:58
Last Modified: 29 Jan 2019 04:58
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item