Efektif Yuridis Pengambilalihan Perusahaan Terbuka Melalui Proses Penawaran Tender (Tender Offer) di Pasar Modal Indonesia (Studi Kasus Perkara No. 07/KPPU-M/2014)

Basar, D.P. Sibarani (2016) Efektif Yuridis Pengambilalihan Perusahaan Terbuka Melalui Proses Penawaran Tender (Tender Offer) di Pasar Modal Indonesia (Studi Kasus Perkara No. 07/KPPU-M/2014). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201210117019_Basar DP Sibarani_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB I)
201210117019_Basar DP Sibarani_BAB I.pdf

Download (754kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201210117019_Basar DP Sibarani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201210117019_Basar DP Sibarani_BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201210117019_Basar DP Sibarani_Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Lampiran)
201210117019_Basar DP Sibarani_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengambilalihan, Akuisisi, Tender Offer, KPPU, Pasar Modal Pengambilalihan (Akuisisi) Perusahaan Terbuka di Pasar Modal Indonesia selain harus memenuhi seluruh ketentuan di bidang pasar modal, juga harus memperhatikan ketentuan hukum persaingan usaha di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi penawaran tender (tender offer) dalam suatu proses pengambilalihan perusahaan terbuka di pasar modal Indonesia serta penentuan efektif yuridis pengambilalihan tersebut dikaitkan dengan peraturan perundangan yang berlaku. Penelitian hukum normatif bersifat kualitatif ini, menitikberatkan pada studi kepustakaan dan menganalisis secara mendalam seperti apa dan bagaimana suatu hukum positif diimplementasikan pada permasalahan yang diteliti. Dalam akuisisi perusahaan terbuka maka Penawaran Tender Wajib (Mandatory Tender Offer) adalah hal yang wajib dilakukan oleh Pihak Yang Mengambilalih (Acquiring Company) yang merupakan calon pengendali baru dari perusahaan terbuka tersebut. Penawaran Tender merupakan penerapan dari prinsip perlindungan hak pemegang saham minoritas pada perusahaan terbuka. Pelaksanaan Penawaran Tender Wajib merupakan rangkaian proses dan menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan dalam suatu pengambilalihan perusahaan terbuka di pasar modal Indonesia. Apabila tidak dilaksanakan, maka transaksi pengambilalihan tersebut dapat dibatalkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan calon pengendali baru dapat dikenakan sanksi. (Kesimpulan) Efektif yuridis dalam proses pengambilalihan suatu perusahaan terbuka dapat ditentukan setelah seluruh rangkaian proses pengambilalihan termasuk penyelesaian proses Penawaran Tender Wajib telah selesai dilakukan dan dilaporkan kepada OJK serta diumumkan kepada publik sebagai bentuk pelaksanaan prinsip keterbukaan di pasar modal. Penentuan Efektif Yuridis pengambilalihan perusahaan terbuka di Pasar Modal ini merupakan domain dari Hukum Pasar Modal oleh karenanya sudah selayaknya juga mengacu pada ketentuan di bidang Pasar Modal sebagai gambaran dari berlakunya asas hukum Lex specialis derogat legi generalis. Perlu dilakukannya harmonisasi peraturan perundang-undangan antara ketentuan di bidang persaingan usaha dan ketentuan di bidang pasar modal khususnya yang terkait dengan teknis pelaksanaan pengambilalihan perusahaan terbuka dan kewajiban-kewajiban yang mengikutinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: K.G. Widjaya, S.H., M.H., Pembimbing II: Ahmad Baihaki, S.H.I., M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Ludfia
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:58
Last Modified: 29 Jan 2019 04:58
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item