yulia fitriani, yulia (2014) Pengaruh Relaksasi Autogenik Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Gdjah Mada.
Text
Naskah Tesis (1).pdf Download (787kB) |
Abstract
Remaja pada jenjang pendidikan SMP merupakan masa transisi yang disertai dengan perubahan fisik, psikologis, dan transformasi sosial yang menimbulkan pengalaman emosi baru sehingga pada masa ini regulasi emosi perlu untuk ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pelatihan relaksasi autogenik terhadap peningkatan regulasi emosi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Penentuan subjek penelitian berdasar skor pretest dengan skor mulai 51 – 63 pada skala regulasi emosi sejumlah 50 siswa. Penempatan subjek kedalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan dengan mengurutkan nilai terendah sampai tertinggi kemudian nomor ganjil sebagai kelompok eksperimen dan nomor genap sebagai kelompok kontrol. Subjek yang mengikuti pretest, posttest dan follow up secara lengkap pada kelompok eksperimen berjumlah 16 siswa perempuan dan pada kelompok kontrol berjumlah 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan skor pretest menuju posttest pada kedua kelompok (eksperimen-kontrol) adalah berbeda secara signifikan. Perubahan regulasi emosi dari pretest ke posttest pada kelompok eksperimen adalah signifikan, sedangkan pada kelompok kontrol tidak signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah relaksasi autogenik dapat meningkatkan regulasi emosi pada siswa SMP
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Yulia Fitriani |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 03:04 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 03:04 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/11680 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year