Hasanuddin, Hasanuddin (2022) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Perspektif Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 22 (01). pp. 79-88. ISSN 1410-9794
Text
ARTIKEL PJJ_UBJ_JKI_Jan2022.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dari perspektif mahasiswa seperti materi yang diberikan dosen, pemahaman terhadap materi, kendala dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh, dan model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif, sampel penelitian adalah mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Jaya (Ubhara Jaya). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Temuan dalam penelitian ini, 64.1% mahasiswa tidak setuju dengan pembelajaran jarak jauh, menurut mahasiswa pembelajaran jarak jauh tidak efektif dalam proses belajar mengajar, dan 35,9% menyatakan setuju. Yang setuju dengan pembelajaran jarak jauh secara umum menyatakan bahwa ini cara menghentikan penyebaran Covid 19. Ketika ditanyakan pemahaman terhadap materi kuliah yang disampaikan dosen melalui pembelajaran jarak jauh, 72,5 mahasiswa merasa kesulitan karena proses tanya jawab berlangsung kurang efektif. Kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh, 43,1% disebabkan signal yang tidak stabil, 37,7% menjawab tidak ada kendala, dan 19,2% menjawab kadang-kadang mengalami gangguan signal. Menyangkut pengeluaran mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh, 43,8% menyatakan tidak lebih hemat jika dibandingkan kuliah offline, 41,1% menjawab ada penghematan. Kata kunci: Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Efektivitas Pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Manajemen SDM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Hasanuddin Hasanuddin |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 13:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 13:14 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/13190 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year