Listiya, Hutagalung (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenal Panca Indera Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201410225187_Listiya Hutagalung_Cover-Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
201410225187_Listiya Hutagalung_BAB I.pdf Download (655kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201410225187_Listiya Hutagalung_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
201410225187_Listiya Hutagalung_BAB V.pdf Download (155kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201410225187_Listiya Hutagalung_Daftar Pustaka.pdf Download (256kB) |
|
Text (Lampiran)
201410225187_Listiya Hutagalung_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar siswa masih merasa disulitkan dalam memahami materi yang disampaikan dengan secara teoritis, Guru hanya sebatas menjelaskan dan memberikan contoh melalui buku dan dijelaskan secara lisan sehingga banyak pula peserta didik yang merasa bosan atau kurang interaktif khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mengenal Panca Indera. Pembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan teknologi, karena IPA memiliki upaya untuk membangkitkan minat manusia serta kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi yang berkembang dalam dunia pendidikan ialah Realitas Tertambah atau Augmented Reality. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dapat menvisualisasikan objek 3D secara real-time dan lebih interaktif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan suatu media pembelajaran yang menarik dan interaktif guna meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar. Media Pembelajaran Mengenal Panca Indera dengan Augmented Reality menggunakan Unity 3D dengan Vuforia, dan menggunakan bahasa pemrograman C#, serta untuk design tampilan aplikasi menggunakan software Adobe Photoshop CS6. Dan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode Prototype. Hasil dari penelitian ini adalah dengan digunakannya aplikasi ini menghasilkan 67% hasil responden angket proses belajar-mengajar peserta didik lebih menarik dan interaktif. Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Panca Indera, Teknologi Augmented Reality, Unity 3D, Vuforia, Adobe Photoshop, Metode Prototype.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mayadi, S.Kom.,M.Kom, Pembimbing II: Allan D Alexander, S.T., M.Kom |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Raden Ola Triana |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 07:04 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 07:04 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1465 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year